Kelebihan dan Kekurangan Exblog (Excite Blog) untuk Money Site

terakhir kali kami update Jan 4, 2024

Excite Blog (Exblog) adalah sebuah platform blogging yang berasal dari Jepang. Pengguna yang terdaftar ke platform Exblog dapat melakukan aktivitas mengelola blog secara gratis.

Namun, bagaimana kelebihan dan kekurangan Exblog ini? Apakah bisa dijadikan sebagai money site atau situs utama?

Exblog JP belakangan ramai di grup media sosial, salah satu alasannya karena terlampau mudah diterima oleh Google Adsense.

Hal semacam ini tentu memberi angin segar untuk para blogger yang sudah mengoleksi puluhan kali penolakan untuk blognya.

Meski begitu, setiap penggunaan produk digital jangan hanya melihat dari kelebihan saja (positif), namun juga mempertimbangkan kekurangan (negatif).

Tim ulasanesia secara independen telah mendaftarkan blog di Exblog, melihat user interface yang berpengaruh langsung pada user experience, dan mengulik informasi lain yang mungkin belum kalian tahu.

Review kelebihan dan kekurangan Exblog atau Extite Blog JP ini sebagai pertimbangan yang penting sebelum menggunakan platform ini untuk money site utama.

Kelebihan dan Kekurangan Exblog (Excite Blog) untuk Money Site

Kelebihan dan Kekurangan Exblog, Perbandingan dengan Blogger

Apakah kalian tahu, sebenarnya Excite sudah rilis sebagai sebuah perusahaan sejak Agustus 1997 silam? Lantas, jika Blogger (dari Google) dirilis pada Agustus 1999, apakah itu berarti Exblog keluar lebih dulu?

Agar lebih jelas, berikut sejarah perusahaan Excite hingga rilis Exblog JP yang sedang ramai itu.

1. Sejarah Exblog (Excite)dari Masa ke Masa

Sejarah Excite sebagai sebuah perusahaan dimulai pada 1997, hingga pada akhirnya meluncurkan berbagai layanan termasuk Exblog. Excite juga membangun perusahaan di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Filipina, Singapura, dan Taiwan.

a) 1997

Mendirikan perusahaan Excite .inc dengan modal 10 juta yen (JPY). Arah gerak perusahaan ini awalnya menyediakan layanan navigasi internet.

Pada bulan berikutnya, mereka mengembangkan layanan tambahan berupa jasa pencarian informasi dan periklanan yang tetap berbasis di internet.

b) 1999

Excite bekerja sama dengan berbagai investor hingga pada akhirnya merilis woman.excite. Ini merupakan situs informasi untuk perempuan.

c) 2000

Layanan Excite berkembang, membuka kantor pusat di Osaka, Jepang. Dan membuka layanan terjemahan Excite pada saat itu.

d) 2001

Pada pertengahan Juni 2001, Excite meluncurkan situs yang berisi informasi tentang musik (Excite Music).

e) 2002

Agustus 2002 meluncurkan layanan baru lagi, itu adalah layanan koneksi internet (BB Exite). Kemudian di tahun yang sama bulan November, meluncurkan layanan majalah web online (Excite.ism).

d) 2003

Tahun ini, perusahaan Excite kembali meluncurkan dua layanan baru. Majalah web online (Garbo) yang khusus untuk perempuan pada September, dan layanan informasi pernikahan (Excite Happy Love Marriage) pada Oktober.

e) 2004

Februari 2004 memulai layanan blog (Exblog), sehingga pada tahun 2004 inilah Exblog mulai merilis platform blogging gratis mereka. Dengan kata lain, Blogger Google jauh lebih tua.

Sebuah platform blogging yang berbasis bahasa Jepang untuk semua kalangan. Platform ini dapat diakses secara global di domain https://www.exblog.jp/.

f) 2007

Pada 2007, perusahaan Excite sudah berusia satu dekade (10 tahun). Merilis layanan ramalan online (entah bagaimana peramal menjadi sebuah pekerjaan profesional di Jepang), jika di Indonesia bisa disebut sebagai dukun/paranormal.

g) 2008

Februari 2008 Excite merilis lagi sebuah layanan yang berinteraksi langsung dengan pengguna, itu adalah situs kerajinan tangan (Atelier).

h) 2009

Excite merilis aplikasi untuk smartphone, di mana dalam aplikasi berisi beberapa layanan unggulan yang masih bertahan hingga sekarang.

i) 2012

Menggurita ke Asia Tenggara, mendirikan anak perusahaan Excite Media Service .inc di Filipina.

j) 2013

Mendirikan perusahaan PT Excite Indonesia di Indonesia pada Juni 2013.

k) 2014

Mendirikan perusahaan Aikusai di Taiwan

l) 2015

Mendirikan perusahaan Excite Apac Singapore PTE LTD di Singapura

m) 2016

Meluncurkan SIM Card Excite Mobile dan platform informasi perempuan remaja (berusia 20 tahunan) bernama Laurier Press.

n) 2017

Pada 2017, perusahaan Excite sudah berusia dua dekade (20 tahun).

2. Kelebihan dan Kekurangan Exblog

Kelebihan dan Kekurangan Exblog (Excite Blog) untuk Money Site

Hingga saat ini, kontributor atau pengguna Exblog berasal dari berbagai latar belakang. Baik itu pekerja lepas, pekerja kantor, pelajar, hingga ibu rumah tangga.

Maka dari itulah, konten di Exblog mencangkup nyaris semua topik (niche) tanpa terkecuali. Exblog juga menyediakan rubrik khusus di mana itu ditulis oleh selebriti atau artis Jepang.

Misalnya blog artis Hirano, Ryukyu, Takao Ogawa, Yusuke Hirado, Maya Ayukawa, Yoffy, Chirio Amma, Mariko Nanako, Toshiyuki Kurai, Onoue Moe, Yuka Uchiya, hingga Kuribayashi Minami.

Apakah Sora Aoi dan Maria Ozawa juga menulis pengalaman di Exblog? Dengan berat hati, ulasanesia menginformasikan bahwa itu belum hingga sekarang.

KelebihanKekurangan
Platform blogging gratis, pendaftaran tanpa biaya.Proses pendaftaran yang tergolong sulit, sebab basis utama menggunakan bahasa Jepang. Di mana kalau diubah ke bahasa Indonesia tidak sesuai.
Mudah mendapat penerimaan jika daftar ke Google Adsense, ini merupakan kelebihan utama yang paling diminati.Pembagian Adsense Exblog 80:20, di mana 80% untuk Exblog dan 20% untuk kalian. Blog Exblog yang belum daftar Adsense pun akan menampilkan iklan, ini juga berarti blog kalian digunakan sebagai sumber cuan pihak Exblog.
Merupakah platform berkumpulnya para blogger di Jepang, tidak terkecuali para artis yang suka menulis dan membagikan pengalaman mereka.Pengguna tidak memiliki kontrol penuh atas HTML template, sehingga semua kreasi tergantung pada fitur Exblog yang ada. Tampilan dashboard Exblog masih jadul.
Tidak perlu optimasi SEO, secara alami mengikuti domain utama di exblog.jp, misalnya lebih cepat terindeks di mesin pencari tanpa inspeksi URL.Kurang kompatibel untuk pengguna dari luar Jepang. Pasalnya, mayoritas konten berkaitan dengan budaya Jepang.
Cocok untuk orang Jepang yang memiliki usaha. Ini sebagai platform promosi gratis untuk menjelaskan produknya.Harus puas dengan subdomain bawaan dari Exblog.

3. Kelebihan dan Kekurangan Blogger

Blogger merupakan sebuah platform blogging gratis dari raksasa teknologi Google. Sayangnya, kenyataan menunjukkan bahwa Google seperti “menganaktirikan” platform ini.

Terbukti dari banyaknya fitur yang disunat, seperti Picasa Web Albums, Album Archive untuk kelola gambar Blogger, hingga daftar bacaan yang update terbaru 2020 silam.

Kelebihan dan Kekurangan Exblog (Excite Blog) untuk Money Site
daftar bacaan Blogger tidak update

Meski begitu, berdasarkan statistik dari builtwith, pengguna Blogger pada 2023 mencapai 1.195.082 situs terdaftar, di mana 541.973 merupakan situs aktif.

Blogger tetap menjadi salah satu platform blogging paling populer di seluruh dunia. Menempati urutan kedua setelah CMS WordPress.

KelebihanKekurangan
Sama-sama platform blogging gratis, pendaftaran tanpa biaya, tersedia template bawaan yang juga gratis.Mendaftar Adsense harus memperhatikan beberapa standar Google, salah satunya low value content. Sehingga harus memberikan konten yang berkualitas.
Proses pendaftaran mudah, hanya membutuhkan akun email Google. Setting blog instan, setelah daftar langsung online.Perlu optimasi SEO offpage dan technical secara mandiri.
Tampilan dashboard Blogger sederhana, namun sangat ringan. Fitur terbilang lengkap (jika menggunakan desktop).Harus rela jika kena tebas Google, di mana menghapus blog tanpa pemberitahuan apapun.
Memiliki kontrol penuh atas HTML template, optimasi SEO onpage, customisasi, dan kreasi bebas sesuka hati.Slug URL tidak bisa custom layaknya di WordPress. Kalau pun bisa akan berdampak buruk pada SEO.
Cocok untuk semua pengguna di seluruh dunia. Bisa menggunakan bahasa apapun dalam memulai sebuah blog.Dianggap kurang profesional, namun tetap jauh lebih baik daripada Exblog.
Bisa custom domain sesuai selera. Ini meningkatkan profesionalitas jika dibandingkan dengan subdomain Exblog.Jika langsung salin word to blog akan bentrok script HTML-nya. Sehingga membutuhkan tool untuk membantu posting word to blog.
Merupakan platform blogging terpopuler di dunia setelah CMS WordPress.

Kesimpulan

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan Exblog di atas, kami menyimpulkan bahwa penggunaan blog di platform Exblog mustahil masih mungkin menjadi money site.

Setelah beberapa waktu meriset tentang penggunaan Exblog untuk mendapatkan Adsense, terlepas dari pembagian penghasilan, ternyata kalian dapat menggunakan platform ini untuk memperoleh cuan.

Dengan traffic organik? Tentu saja tidak! Berdasarkan pengalaman menggunakan platform ini, kalian perlu memiliki kolam sendiri yang potensial.

Kolam yang paling potensial adalah Pinterest, di mana kalian mengunggah gambar yang berisi tautan yang mengarah ke URL Exblog masing-masing.

Selain Pinterest apakah ada? Ada, itu adalah landing page, dan mayoritas adalah LP dating! Kami sangat tidak menyarankan menggunakan LP dating, terlebih untuk orang yang meyakini agama, karma, dan kehidupan setelah kematian.

Kemudian, money site yang notabene perlu berbagai optimasi baik tampilan UI/UX, akses HTML penuh, kontrol iklan secara bebas, hingga konfigurasi database mandiri belum bisa ditemukan di Exblog.

Tetapi berkat kolam Pinterest atau landing page, Exblog dapat menghasilkan. Tetaplah pilih jalur lurus, jangan goyah dengan mengorbankan kebaikan akhirat!

Di sisi lain dari riset kami, ternyata tidak sedikit Blogger dari Indonesia dan Prindavan yang menulis di Exblog tanpa menggunakan bahasa Jepang.

Ada yang menulis pakai bahasa Indonesia dan Inggris. Iklan yang tampil tetap related dengan bahasa Jepang. Artinya, nilai CPC (jika masih berlaku) lebih tinggi dalam rupiah.

Alternatif lainnya adalah kalian menjual blog Exblog yang include akun iklan di dalamnya. Kalian cukup mendaftar blog baru di Exblog JP, mendaftar ke Google Adsense, menunggu diterima, dan menjual akunnya.

Sedangkan Blogger, memiliki potensi sebagai money site jangka panjang. Dengan catatan situs yang terdaftar di sini tidak kena babat langsung dari Google, sebab di Blogger sebenarnya hanya numpang.

Untuk yang paling aman, bisa menggunakan hosting atau server sendiri. Sebab kita memiliki kontrol penuh pada keseluruhan basis data pembentuk situs.

Setidaknya, review tentang kelebihan dan kekurangan Exblog di atas dapat memberi pandangan baru. Semoga membantu, ya!

Baru Lama
3 Comments
  • Redaksi
    Redaksi Selasa, 26 Desember, 2023

    Gimana ya kalau orang indo nulis di exblog, apakah 100% pakai chatGPT dan Google Translate? wkwkwk

    • Tim Ulasanesia 🟢
      Tim Ulasanesia 🟢 Jumat, 29 Desember, 2023

      Wkwk jangan salah paham hu, positif thinking aja, siapq tahu ada orang Indonesia yang benar-benar nulis pakai bahasa Jepang 😁

  • Bambang
    Bambang Selasa, 26 Desember, 2023

    Boleh nih kalau cuma buat daftar adsense terus dijual. rata-rata harganya 100k per akun.

Komentari
comment url