Cara Hapus Gambar di Album Blogger, Kelola Media Blogspot

terakhir kali kami update Des 27, 2023

Bagaimana cara hapus gambar di album Blogger/Blogspot? Mengingat platform kelola media di Blogger https://get.google.com/albumarchive/ sudah dinonaktifkan oleh Google?

Ya, Google melepaskan satu per satu support untuk platform Blogger, ini menjadi kabar yang kurang baik. Bukan tidak mungkin seiring berjalannya waktu, Google benar-benar menghilangkan platform ini dari alam semesta.

Selain Album Archive Google, Picasa Web Albums juga sudah nonaktif. Kalian mungkin kebingungan mengelola media yang terlanjur diupload ke Blogger/Blogspot. Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini, ulasanesia akan membantu dengan cara terbaru dan termudah.

Cara Hapus Gambar di Album Blogger

Tidak hanya gambar, kalian dapat menghapus media lain seperti video yang terlanjur diunggah ke Blogger/Blogspot. Kalian tidak akan menemukan gambar tersebut baik di Google Foto, Drive, atau Gmail. Sebab, cara kelola media Blogger langsung dari pengaturan.

  1. Login ke blog kalian terlebih dulu
  2. Klik Setelan/Setting
  3. Masuk Kelola Blog
Cara Hapus Gambar di Album Blogger

Di sana, kalian akan menemukan semua media yang sudah terunggah. Untuk menghapusnya tinggal memilih gambar/video dan klik ikon keranjang sampah.

Perlu kalian catat bahwa media yang sudah terhapus tidak bisa lagi dipulihkan. Oleh sebab itulah pastikan media tersebut tidak sedang kalian gunakan

Mengapa Kelola Media di Blogspot Penting?

Kami memahami bahwa setiap pengguna Blogger ingin mendapatkan fitur penuh untuk mengelola konten secara independen. Namun kembali lagi, Blogger merupakan platform Google, di mana kita sekadar “numpang” di sana.

Berbeda halnya jika memiliki website yang dihosting sendiri. Kalian dapat mengelola semua file di website hosting secara bebas dan sepenuhnya.

Mengelola media yang meliputi gambar dan video sangat penting karena beberapa alasan. Pertama, berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi blog itu sendiri. Yang mana perlu melakukan penghapusan jika ada media yang tidak kalian gunakan.

Kedua, berkaitan dengan privasi atau salah upload media. Dalam kasus tertentu, mungkin kalian salah mengunggah media yang akan ditambahkan ke dalam postingan. Untuk mengantisipasi privasi tersebar, dapat melakukan penghapusan secara permanen.

Berapa kapasitas penyimpanan (storage) dari Blogger? Google menyediakan setidaknya 15GB per user untuk menyimpan media. Ini menjadi alasan ketiga, yaitu berkaitan dengan kapasitas. Jika blog sudah berumur dan memiliki banyak media, menghapus yang tidak kalian gunakan penting supaya menghemat penyimpanan.

Harapan: agar Google Memperhatikan Platform Blogger

Blogger adalah platform blogging terpopuler setelah CMS WordPress. Oleh sebab itulah, sudah semestinya Google memperhatikan produknya yang ini.

Mengapa? Tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan Blogger untuk keperluan bisnis. Di mana itu akan berakibat secara langsung di dunia nyata jika terjadi kendala di kemudian hari.

Google dapat memberi update di daftar bacaan, meningkatkan user interface aplikasi seluler Blogger, serta menambah fitur yang meningkatkan kenyamanan saat melakukan aktivitas blogging.

Sebagai raksasa teknologi dunia, tentunya bukan suatu kendala mengoptimalkan sebuah platform agar lebih powerful. Blogger sendiri sudah memiliki kelebihan dibanding WordPress, misalnya lebih ringan, simpel, dan gratis.

Sekian ulasan tentang cara hapus gambar di album Blogger atau kelola media Blogspot. Kami akan update artikel ini jika ada pembaruan informasi dan kebijakan penyedia platform layanan.

Baru Lama
4 Comments
  • Kompi kantor
    Kompi kantor Minggu, 17 Desember, 2023

    Akhirnya nemu artikel ini! Hampir pindah ke WordPress self hosting wkwkwk

    • Tim Ulasanesia
      Tim Ulasanesia Senin, 18 Desember, 2023

      Gas hu, WordPress self hosting juga oke banget, kontrol penuh semua sumber daya 👍

  • Sucie
    Sucie Jumat, 22 Desember, 2023

    wkwk demi apa saya dikasih link ini terus disuruh kasih komentar, padahal gak paham yang dibahas wkwk

    • Tim Ulasanesia
      Tim Ulasanesia Jumat, 22 Desember, 2023

      wah wah

Komentari
comment url