12 Jenis Joran Pancing Lengkap: Ulasan Kegunaan, Kelebihan, dan Kekurangan

terakhir kali kami update Mar 25, 2024

Bingung memilih pancing paling sesuai dengan kebutuhan kalian? Tenang, pada kesempatan kali ini kami akan membahas setidaknya 12 jenis joran pancing, lengkap dengan kegunaan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

Memancing merupakan hobi yang memberi sensasi tersendiri. Bagi orang yang bukan seorang pemancing, hobi ini mungkin dianggap sebagai aktivitas membuang waktu atau bahkan merugikan.

Namun bagi pemancing, memancing adalah aktivitas yang berkualitas, setiap detik merupakan me time, terlepas dari mendapat ikan atau tidak.

Kiranya, penting bagi kita semua memahami bahwa: manusia tanpa hobi ibarat roko tanpa kopi.

Entah apa hobi kalian yang positif, lakukan dengan ikhlas dan bersemangat. Hobi memberi warna tersendiri dalam menjalani hari, mengurai masalah kehidupan dengan lebih damai, dan pastinya menumbuhkan sebuah titik ketenangan di jiwa.

Berbicara tentang memancing, ada banyak sekali jenis joran yang beredar di pasaran. Setiap joran (rod) punya kegunaan masing-masing.

1. Joran Casting, Kombinasi Apik dengan Reel BC

Joran Casting, Kombinasi Apik dengan Reel BC

Salah satu teknik memancing yang populer yaitu casting. Mancing casting adalah teknik memancing ikan predator menggunakan umpan mainan seolah-olah itu adalah makanan alami.

Joran casting atau baitcasting (BC), kombinasinya menggunakan reel BC. Dan kalian tidak bisa menggunakan joran casting dengan reel spinning.

Beberapa jenis umpan casting untuk teknik ini antara lain:

  1. Minnow (tipe floating, suspending, atau sinking)
  2. Soft frog
  3. Jaws frog
  4. Spoon
  5. Soft lure
  6. Buzzbait
  7. Spinnerbait
  8. Crankbait
  9. Jig
  10. Swimbait
  11. Rayap lure
  12. WTD lure
  13. Popping lure
  14. dan sebagainya.

Kegunaan jenis joran pancing baitcasting untuk memaksimalkan teknik mancing casting. Angler akan jauh lebih mudah menarik dan menggulung umpan mainan menggunakan set tackle jenis ini.

KelebihanKekurangan
Memang diperuntukkan untuk teknik mancing casting. Sehingga tidak membutuhkan tenaga besar untuk melempar umpan.Jika set tackle tidak memadahi atau skill melempar kurang, akan terjadi backlash (benang ruwet).
Umumnya memiliki rasio putaran reel besar, jadi untuk menggulung bisa lebih cepat.Harga set tackle BC cenderung mahal daripada set tackle spinning.
Lebih praktis, karena langsung pakai tumbler, tidak perlu buka arm sebelum melempar umpan.Memiliki bagian reel yang kompleks dan rumit, ini menjadi tantangan tersendiri jika hendak melakukan maintenance.
Jenis joran pancing casting memiliki tampilan yang lebih elegan. Pasalnya, kaki ring guide pendek.Tidak cocok untuk penggunaan selain teknik casting. Untuk melempar umpan perlu mengatur break dan tension.

2. Joran Spinning, Set Tackle Paling Fleksibel

Joran Spinning, Set Tackle Paling Fleksibel

Jenis joran pancing berikutnya adalah tipe spinning. Kegunaannya sangat fleksibel, dan bisa kalian gunakan untuk berbagai keperluan serta teknik mancing.

Apakah bisa menggunakan set spinning untuk main casting? Bisa! Apakah bisa menggunakan set spinning untuk main dasaran dan pelampungan? Bisa!

Joran spinning secara umum dibedakan dari kategori kekuatannya, yaitu kelas XUL (Extra Ultra Light), UL (Ultra Light), L (Light), ML (Medium Light), M (Medium), MH (Medium Hard), H (Hard), dan seterusnya.

KelebihanKekurangan
Sangat fleksibel, bisa menggunakan jenis joran pancing ini untuk semua kebutuhan memancing kalian. Mulai dari untuk casting, dasaran, pelampungan, kolaman, bahkan jigging dan trolling.Model lama, namun menurut kami tidak ketinggalan zaman (old but gold).
Anti backlash, benang nyaris tidak pernah kusut saat melempar umpan seberat apapun.
Dalam menggunakannya tidak membutuhkan skill yang mumpuni.
Harga relatif terjangkau, tergantung spesifikasi joran dan reel.

3. Joran Trolling, Alat Berat yang Ditarik oleh Kapal

Joran Trolling, Alat Berat yang Ditarik oleh Kapal

Joran trolling memiliki rata-rata memiliki spesifikasi yang kaku. Pasalnya, kegunaan dari joran ini adalah menarik umpan (baik umpan tiruan maupun umpan hidup), dan ditarik menggunakan kapal sepanjang sungai atau jalur laut.

Target dari teknik mancing trolling bukan ikan kecil, karena umumnya akan menargetkan ikan predator babon yang berada di kedalaman.

Kalau kalian mancing trolling dan mendapat ikan, itu benar-benar olahraga. Karena harus mengeluarkan tenaga besar agar ikan berhasil landed.

KelebihanKekurangan
Sensasi tarikan ikan yang luar biasa, karena menarget ikan predator babon.Harga set trolling cenderung mahal, sebab membutuhkan spesifikasi joran yang bagus.
Joran memiliki kekuatan dan kelenturan yang baik. Biasanya berbahan carbon atau carbon composite.Dalam penerapannya membutuhkan biaya pergi mancing yang tidak sedikit, misalnya untuk sewa kapal.
Jenis joran pancing trolling bisa juga digunakan untuk teknik mancing dasaran yang menggunakan umpan ayam tiren.
Olahraga betulan, sebab ketika ada predator yang menyambar membutuhkan banyak tenaga untuk menariknya.

4. Joran Jigging, Jatuhkan Jig dan Dapatkan Predator Laut Dalam

Joran Jigging, Jatuhkan Jig dan Dapatkan Predator Laut Dalam

Jigging adalah teknik mancing yang dilakukan dengan menjatuhkan umpan berupa jig hingga nyaris dasar. Kemudian menarik dengan konsistensi sedang atau cepat guna menarik perhatian ikan predator laut dalam.

Joran jigging memiliki bentuk layaknya joran casting maupun joran spinning. Yang membedakan adalah handle joran yang lebih panjang.

Fungsi handle panjang tersebut untuk memudahkan ketika menarik jig. Di mana pangkal handle bisa ditaruh di ketiak, atau menggunakan holding di perut.

KelebihanKekurangan
Bobot joran ringan, dengan spesifikasi medium yang memudahkan dalam menarik jig dari kedalaman laut.Harga set jigging cenderung mahal, sebab membutuhkan spesifikasi tinggi; baik untuk kelenturan, ring guide, hingga reel yang mumpuni.
Joran mempunyai spesifikasi sangat baik untuk memberi sensasi fight tidak terlupakan.Pergi mancing jigging harus ke tengah laut atau posisi spot dalam yang potensial. Sehingga perlu biaya lebih besar.
Jenis joran pancing jigging juga bisa digunakan untuk main casting dan teknik yang lainnya (cukup fleksibel).Perlu merawat tackle supaya terhindar dari korosi. Setelah memancing tidak boleh malas membersihkan joran dan reel dari air asin.
Olahraga betulan, sebab ketika ada predator yang menyambar membutuhkan banyak tenaga untuk menariknya.

5. Joran Telescopic, Jenis Joran Pancing Portable

Joran Telescopic, Jenis Joran Pancing Portable

Selanjutnya adalah joran telescopic atau teleskopik. Merupakan pencetus dari joran pancing portable yang mudah dibawa-bawa.

Salah satu tim ulasanesia secara subjektif menyukai jenis joran satu ini. Karena lebih praktis, baik saat pergi memancing, pindah spot, hingga pulang.

Sayangnya, tidak semua brand pancing menyediakan joran telescopic dengan kualitas yang bagus. Rata-rata hanya memiliki ring guide biasa dan action joran kurang oke.

Sedangkan untuk kualitas joran telescopic yang benar-benar bagus, harganya cenderung mahal. Mempertimbangkan harga dan kualitasnya, sebenarnya ini sebanding karena sangat praktis.

KelebihanKekurangan
Sangat praktis, merupakan jenis joran pancing yang paling mudah dibawa ke mana-mana.Rata-rata harga joran telescopic biasa itu murah. Namun untuk joran yang benar-benar berkualitas sangat mahal.
Memberi kemudahan saat mau pindah spot memancing.Banyak yang tidak suka karena memiliki diameter ruas besar.
Fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai teknik memancing sesuai spesifikasi joran.Spesifikasi joran telescopic biasa tidak bisa dikira-kira (tidak ada informasi lbs).
Cocok untuk kalian yang tidak ingin dilihat mertua mancing melulu.

6. Joran Tegek Pole, Stik Pancing Tanpa Ring Guide yang Ringkas

Joran Tegek Pole, Stik Pancing Tanpa Ring Guide yang Ringkas

Selanjutnya adalah joran tegek yang memang ringkas. Kalau dari pabrikan, tidak ada reel seat, jadi pancing tegek seperti mengingatkan pada zaman dulu, di mana memancing hanya membutuhkan kayu dan benang.

Seiring berkembangnya zaman serta banyaknya pengrajin pancing. Tegek pole bisa disulap menjadi berbagai jenis pancing.

Seperti penambahan ring guide, penambahan reel seat, dan sebuah reel yang disebut sebagai reel tokos.

Gampangnya, tegek adalah joran telescopic yang tidak memiliki ring. Hanya sebuah stik pancing dengan spesifikasi kelenturan yang berbeda-beda.

KelebihanKekurangan
Ringkas sangat cocok untuk memancing di sungai, kolam, atau spot yang tidak terlalu luas.Jika mendapat ikan babon dan patah, berisiko patahan joran ikut dibawa kabur ikan.
Mudah dalam customisasi seperti penambahan ring guide dan reel seat.Tegek memiliki harga yang cenderung mahal, apalagi kalau bahan carbon bagus dan merupakan tegek impor.
Secara umum ada 2 versi tegek, yaitu tegek ros pendek dan tegek ros pandang.
Tersedia banyak ukuran, mulai dari panjang 90 cm sampai dengan 8 meter!

7. Joran Fly Fishing, Teknik Mancing yang Jarang di Indonesia

Joran Fly Fishing, Teknik Mancing yang Jarang di Indonesia

Kiranya dapat kita pahami mengapa fly fishing adalah teknik yang jarang di Indonesia. Sebab, sudah tidak banyak tersedia sungai stream yang perawan atau belum terjamah.

Fly fishing adalah teknik memancing ikan menggunakan umpan lalat (fly), joran khusus dengan reel seat di bagian pangkal, dan benang khusus berukuran besar.

Kalian ketika melihat ada angler yang memancing dengan teknik ini, tampak sangat indah. Terdapat nilai estetika tersendiri yang terpancar darinya.

KelebihanKekurangan
Memiliki nilai estetika atau keindahan tersendiri, berbeda dengan teknik memancing biasa.harga set fly fishing cenderung mahal. Serta membutuhkan pengetahuan khusus terkait spesifikasi dan kelenturan joran.
Umumnya yang pemancing cari adalah kepuasan diri, dan saat mendapat ikan akan dirilis kembali.Perlu belajar teknik memancing fly fishing lantaran sangat berbeda dengan teknik yang lainnya.
Tarikan ikan benar-benar terasa, sebab satu tangan memegang joran dan tangan lainnya memegang benang fly fishing.Spot memancing fly fishing khusus, seperti: tidak ada angin kencang, stream, dan perawan.
Sangat segar, bagaimana tidak, umumnya pemancing akan ikut mencebur ke sungai stream dan menelusuri aliran.Umpan fly fishing tidak dijual sebanyak umpan casting. Mayoritas angler akan membuat umpan sendiri.

8. Joran Microfishing, Tren Memancing Ikan Kecil

Joran Microfishing, Tren Memancing Ikan Kecil

Jenis joran microfishing kebanyakan berasal dari tegek dengan beberapa penyesuaian khusus. Misalnya ujung pancing diganti lebih lentur menggunakan entul micro.

Panjang joran microfishing tidak lebih dari 3 meter (300 cm), rata-rata hanya 90 cm hingga 240 cm.

Untuk target ikan, adalah ikan sungai kecil seperti cetol, uceng, wader, nilem/melem, dan spesies lainnya.

Di sisi lain, ada juga pemancing microfishing yang menggunakan joran dengan kekuatan 0 - 2 lbs, action low, serta extra ultra light.

Semakin lentur sebuah joran, otomatis sensasi tarikan ikan kecil lebih terasa. Microfishing dapat menjadi alibi kalian jika memancing ikan besar ternyata boncos.

Pasalnya, memancing microfishing 99% pasti dapat ikan!

KelebihanKekurangan
Memiliki nilai estetika atau keindahan tersendiri, berbeda dengan teknik memancing biasa.Kurang cocok jika menggunakan reel spinning. Joran microfishing lebih cocok tanpa reel atau pakai reel tokos.
Umumnya ringkas dan mudah dibawa, karena panjang keseluruhan tidak lebih dari 300 cm.Harga mahal, apalagi kalau kualitas joran yang sangat bagus.
Memberi sensasi tarikan ikan kecil lebih terasa.Bukan kabar bagus kalau mancing menggunakan tackle microfishing dapat ikan 2 kg.
Simpel dan ribet sekaligus. Simpel karena umpan microfishing praktis.Ribet karena set tackle sangat kecil, mulai dari senar, kail, dan pelampung.

9. Joran Kolam (Galatama), Punya Jalu di Pangkal Handle

Joran Kolam (Galatama), Punya Jalu di Pangkal Handle

Selanjutnya adalah jenis joran pancing galatama (kolaman). Sebenarnya, tidak hanya menggunakan joran khusus galatama yang punya jalu di bagian handle. Tetapi bisa juga menggunakan joran tegek yang sudah mendapat beberapa modifikasi supaya lebih kuat.

Joran galatama dengan target ikan lele atau ikan mas babon, membutuhkan spesifikasi yang bagus.

Begitu pula dengan umpan galatama, yang bagi kebanyakan pemancing tidaklah praktis. Atau malah umpan yang dibutuhkan sangat ribet.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan joran galatama secara umum.

KelebihanKekurangan
Kekuatan joran galatama lebih mantap, sebab memang diperuntukkan memancing ikan babon.Bentuk joran galatama biasa-biasa saja (joran pada umumnya).
Bisa menggunakan joran spinning, tegek blebet, maupun custom khusus dengan bambu cendani.Jika berbahan fiber, maka lebih berat.
Harga murah, apalagi joran galatama yang berbahan fiber.
Terdapat jalu di pangkal handle, agar ketika ditarik ikan besar pancing tidak tercebur.

10. Joran Pasiran Surf Fishing, Jenis Joran Pancing untuk Long Cast

Joran Pasiran Surf Fishing, Jenis Joran Pancing untuk Long Cast

Surf adalah jenis joran pancing yang memiliki panjang minimal 270 cm, action hard, dan umumnya memiliki kegunaan memancing dari pantai. Tujuan dari panjang dan action itu untuk long cast, melempar umpan sampai jauh dari bibir pantai.

Joran surf juga bisa kalian gunakan untuk memancing di tebing, atau bahkan memancing di sungai dan danau luas.

Ada beberapa jenis joran surf, ada yang tipe telescopic dan ada yang tipe sambungan. Meski begitu tetap saja, masih kategori ros panjang.

KelebihanKekurangan
Sangat cocok untuk long cast atau melempar umpan hingga jauh bertolak dari bibir pantai.Ros panjang, sehingga lebih sulit untuk dibawa-bawa.
Jenis joran pancing pasiran punya kekuatan yang sangat baik.Harus dikombo dengan reel berukuran besar supaya mampu menyimpan banyak benang.
Bisa digunakan untuk kebutuhan mancing selain di pantai, misalnya di tebing, sungai besar, atau danau yang luas.Bobot joran cenderung berat.
Tidak khawatir patah karena durabilitas dan kekuatannya.Sensasi ikan kecil dan sedang kurang terasa.

11. Joran Travel, Jenis Joran Pancing yang Punya Banyak Sambungan

Joran Travel, Jenis Joran Pancing yang Punya Banyak Sambungan

Sebenarnya, joran telescopic juga bisa disebut sebagai joran travel. Tetapi yang paling umum untuk jenis joran pancing travel adalah sambungan.

Jumlah sambungan dari joran ini beragam, mulai dari 4 sambungan, 5 sambungan, atau lebih.

Sedangkan untuk panjangnya menyesuaikan dengan spot dan teknik mancing. Joran travel yang punya panjang 150 - 165 cm, cocok untuk stream fishing. Dan joran travel yang punya panjang 180 cm ke atas, cocok untuk teknik baitcasting atau yang lainnya.

Action joran juga tergantung pada kebutuhan pemancing, mulai dari XUL sampai H.

KelebihanKekurangan
Memiliki bentuk ringkas, secara keseluruhan panjang tertutup tidak lebih dari 50 cm, jadi lebih mudah dibawa.Harga relatif lebih mahal daripada joran sambung 2.
Spesifikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan teknik memancing.Seringkali pabrik tidak menyediakan joran travel, jadi perlu custom sendiri.
Cocok untuk nyaris semua kebutuhan, baik mancing di sungai maupun di laut.Banyak yang kurang suka, lantaran kurang praktis ketika mau memancing dan setelahnya.
Mudah dalam customisasi dan penggantian aksesoris joran.

12. Joran Custom, Realisasikan Joran Sesuai Angan-Angan di Tangan Ahlinya

Terakhir, adalah jenis joran pancing custom, di mana kalian bisa memilih bentuk suka-suka.

Sebelumnya, tim ulasanesia sudah mengulas jasa custom rod Tulungagung, yang merupakan tangan ahli untuk merealisasikan joran pancing sesuai dengan permintaan dan angan-angan kita.

Dengan adanya tangan terampil jasa custom rod, bisa membuat semua jenis joran pancing di atas.

Demikian penjelasan dan kegunaan, sekaligus kelebihan dan kekurangan jenis joran pancing yang banyak digunakan. Kami akan memperbarui artikel ini jika ada jenis lain atau informasi tambahan yang penting.

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url