Review Threefish Xuancai 360, Tegek dengan Nomor Seri Tiap Ros

terakhir kali kami update Apr 22, 2024

Bagi penggemar tegek impor, kiranya merek Threefish tidak akan asing lagi. Threefish Xuancai 360 adalah salah satu seri tegek ros pendek dengan panjang terbuka 360 cm atau 3,6 meter.

Pada kesempatan kali ini, salah satu tim ulasanesia yang hobi memancing akan membagikan pengalaman menggunakan jenis tegek Threefish tersebut.

Tegek adalah tangkai pancing tanpa ring (kolong) dan reel seat (dudukan gulungan senar).

Seiring berkembangnya waktu, tegek yang masih cutit kini seringkali dicustom dengan ring atau kolong khusus. Dan dipasang dengan gulungan senar yang dikenal sebagai reel tokos.

Pancing tegek Threefish Xuancai tersedia mulai ukuran 240, 270, 300, 360, 450, dan yang paling panjang 540 cm.

Apakah tidak ada ukuran 240 ke bawah? Seperti 210 atau 180? Tidak ada, melihat action yang notabene kaku, tegek ini sebenarnya kurang cocok untuk memancing ikan micro.

Kecuali sudah mendapat beberapa custom yang menjadikan action lebih ke medium-slow.

Kalian yang hendak membeli tegek seri Xuancai ukuran 360, ada baiknya melihat review berikut.

Review tegek Threefish Xuancai 360

Review Jujur Tegek Threefish Xuancai 360

Kami memberi review berdasarkan spesifikasi Threefish Xuancai 360, meliputi: panjang terbuka, panjang tertutup, berat tegek tanpa tutup atas, action dan bendingan, serta tampilan dan kelengkapan.

1. Panjang Nyata (Real) Tegek Terbuka

Meski tulisan panjang 360 cm atau 3,6 meter, ternyata panjang real Threefish Xuancai tidak sampai segitu. Kami ukur panjang real sekitar 330 cm atau 3,3 meter.

2. Panjang Tertutup dan Jumlah Ros

Berikut ini semua varian panjang tertutup dari Threefish Xuancai, dan setelah kami ukur ternyata memang benar segitu.

  1. 240: 38 cm, 8 ros
  2. 270: 38 cm, 9 ros
  3. 300: 38 cm, 10 ros
  4. 360: 38 cm, 12 ros
  5. 450: 38 cm, 15 ros
  6. 540: 38 cm, 18 ros

Semua varian Threefish Xuancai memiliki panjang tertutup sama, yaitu 38 cm. Tidak ada perbedaan pada panjang tertutup, kecuali ukuran ros bonggol dan jumlah rosnya.

3. Berat Tegek Threefish Xuancai 360

Berat Threefish Xuancai 360 100 gram

Kami juga sempat menimbang menggunakan timbangan digital untuk Threefish Xuancai 360, mulai dari 0 gram, hasil timbangan tanpa tutup atas adalah 100,5 gram.

Ternyata, tegek ini lumayan berat. Untuk sekelas harga di rentang 500k sampai 600k, ada banyak pilihan tegek medium-hard yang notabene lebih ringan.

Hanya saja, Xuancai 360 mempunyai ros bonggol yang besar dan pas di tangan, sehingga kami nyaman meski memegangnya lama-lama.

4. Action dan Bendingan Threefish Xuancai 360

Action dan bendingan Threefish Xuancai, beban 150 gram

Saat pertama kali memegangnya, tim ulasanesia merasakan bahwa action Threefish Xuancai medium-hard. Di mana lentur hanya di ros pertama dan kedua dari ujung atas.

Apakah ini cocok untuk microfishing, seperti memancing ikan uceng dan wader? Tidak, sekali sentak ikan langsung terangkat ke permukaan.

Namun, untuk memancing ikan yang lebih besar, misalnya ikan nila berukuran 3 jari, tegek ini masih oke. Apalagi untuk ikan besar yang memberikan sensasi tarikan luar biasa.

Apakah tegek ini kuat? Ya, kualitasnya sudah kami buktikan dengan beban berupa reel BC Iroly Zion seberat 150 gram.

Meski kami sentak-sentak, Xuancai masih terasa empuk dan solid. Tidak ada sama sekali tanda-tanda mau patah. Kalian bisa melihat bendingan atau lengkungan tegek Xuancai pada gambar di atas.

5. Segi Tampilan dan Kelengkapan

Corak motif dan kode angka tiap ros Threefish Xuancai

Kemudian review Threefish Xuancai dari segi tampilan dan kelengkapannya. Menurut kami, tampilannya sangat bagus dan aesthetic.

Mulai dari warna rainbow pada ros paling bawah, dan ros tegek yang memiliki corak dan motif khas Threefish.

Kalian akan mendapatkan corak pada setiap ros di atas ros paling bawah, kecuali ros kedua dan ros ujung atas.

Pada setiap ros tegek Xuancai 360 terdapat kode angka atau nomor seri, yang mengindikasikan bahwa ros tersebut benar-benar original.

Nomor seri pada tiap ros tegek itu memudahkan pemancing sewaktu membeli Xuancai bekas. Atau tegek lain keluaran Threefish, baik Jianghome, Xitao, Liumusanyu, maupun yang lainnya.

Berbicara tentang kelengkapan tegek, Xuancai sungguh memberikan kesan premium.

Pada paket pembelian, kalian akan memperoleh box coklat tebal Xuancai, sarung tegek halus, serta unit tegeknya.

Kelebihan dan Kekurangan Threefish Xuancai 360

Supaya lebih mudah dalam mempertimbangkan apakah tegek ini sesuai dengan kebutuhan kalian atau tidak. Berikut tabel kelebihan dan kekurangan Xuancai 360 berdasarkan penilaian dari tim ulasanesia.

KelebihanKekurangan
Rekomendasi tegek tulcuk dengan action medium-hard yang berkualitas. Material carbon yang terasa nyaman saat dipegang.Harga relatif mahal, yaitu berkisar antara 500k sampai 600k untuk seri Xuancai 360.
Ros pendek, panjang tertutup Xuancai adalah 38 cm, yang bisa masuk tas selempang dan jok motor.Untuk rentang harganya, 100,5 gram menurut kami masih terlalu berat. Karena ini ros pendek, jadi harap maklum.
Tiap ros tegek Xuancai (dan produk tegek Threefish lainnya), terdapat corak motif dan nomor seri, ini mengindikasikan bahwa ros benar-benar original.Corak motif di tiap ros juga menjadi kekurangannya, bahwa kalau terjadi patah atau rusak, tidak ada sparepart tegek yang punya motif serupa. Sehingga kalian perlu menghapus semua corak/motif di ros lainnya agar warnanya sama dengan ros gantian.
Memiliki action dan bendingan sangat apik, kami melakukan tes dengan beban seberat 150 gram tidak ada kendala.Kurang cocok untuk kebutuhan memancing ikan kecil atau microfishing. Untuk kebutuhan ini, kalian bisa mempertimbangkan beli Threefish seri Jianghome atau Liumusanyu.
Tegek lurus tanpa harus disetting terlebih dulu. Hal yang wajar untuk panjang 360 dengan action medium-hard.

Tegek Threefish Xuancai 360 Cocok untuk Siapa?

Pada akhirnya, mempertimbangkan review berdasarkan spesifikasi Threefish Xuancai di atas, sekaligus kelebihan dan kekurangan tegek ini.

Dengan percaya diri kami memberi kesimpulan bahwa, tegek ini cocok untuk memancing ikan berukuran sedang hingga besar.

Ketahanan luar biasa, bendingan apik tanpa cacat, serta ros pendek yang memberi kemudahan saat dibawa-bawa. Tampilan ciamik tegek Xuancai mendapat nilai plus tersendiri.

Apakah tidak cocok untuk memancing ikan kecil atau microfishing? Menurut kami kurang cocok, kecuali kalian ganti ros 1, 2, 3, dan 4 dengan tegek lentur.

Hanya saja, ketika mengganti ros tegek ini, otomatis menghilangkan corak pada tiap ros. Meski corak dan motif ros Xuancai bisa dihilangkan, hasilnya tidak lagi memberi kesan seperti tegek premium.

Toh Threefish juga memberi tegek dengan action lentur, seperti seri Jianghome dan Liumusanyu. Kedua tegek itu sangat cocok untuk memancing microfishing.

Sekian ulasan jujur dan review Threefish Xuancai 360, kalau kalian sudah pernah menggunakannya, coba tulis pengalaman di kolom komentar!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url