Pengalaman Pakai Reel BC Iroly Zion: Review Kelebihan dan Kekurangan

terakhir kali kami update Apr 1, 2024

Iroly Zion belakangan ini bak seorang artis yang tengah viral. Kepopulerannya mengalahkan reel BC lain di kelas harga 350-390 ribu.

Pihak Iroly Fishing tampaknya berhasil mengetahui apa yang dibutuhkan jika ingin mencapai target pasar loyal di Tanah Air, itu adalah produk berkualitas dengan harga paling murah. Dan ia juga memiliki trik dengan stok produk terbatas.

Salah satu tim ulasanesia berhasil mendapatkan reel BC Iroly Zion dalam keadaan selamat. Bisa mendapat reel ini rasanya seperti keluar sebagai pemenang dari medan pertempuran!

Mengapa sampai demikian? Apa kelebihan yang ditawarkan reel BC keluaran Iroly ini? Dan apa saja kekurangan sebagai pertimbangan sebelum beli? Kami akan membahas berdasarkan pengalaman menggunakannya selama ini.

Review Iroly Zion Ulasanesia
Review Iroly Zion Ulasanesia

Review Iroly Zion, Reel BC Viral yang Sedang Banyak Dicari

Pertama-tama, kami cukup menyayangkan bahwa, Iroly Fishing yang notabene brand pancing yang populer di Indonesia, tidak memiliki website resmi atau setidaknya marketplace official. 

Mengingat seperti brand sebelah, Daido memilikinya (website resmi dan marketplace official).

Jadi, untuk mengecek katalog apa saja produk Iroly Fishing, kalian perlu mengunjungi marketplace favorit. Atau mengakses katalog via Instagram mereka, itupun tidak lengkap.

Iroly Zion bukan satu-satunya produk dari brand ini, beberapa seri reel baitcasting (BC) lainnya ketika artikel ini ditulis adalah sebagai berikut:

  1. Rastaban
  2. Phantom Stealth
  3. Phantom Shadow
  4. Arankar
  5. Anima
  6. Zoom
  7. Ryuki
  8. Izumi

Berdasarkan daftar katalog reel BC Iroly di atas, entah bagaimana seri Zion menjadi yang paling ganas dibahas. Reel ini mengangkat nama Iroly, sebagai Xiaomi-nya pancing.

Iroly Zion memiliki desain yang menawan. Bahan air carbon di seluruh body reel membentuk corak abu-abu yang khas. Itu menjadi ciri tersendiri yang tidak ada di reel sekelasnya.

Selain itu, kalian akan mendapat shallow spool yang ngacir untuk lempar lure micro. Cocok banget untuk micro casting dan stream fishing. Dan satu hal lagi, sudah drag clicker yang memberi sensasi lebih ketika fight dengan ikan predator.

Review Iroly Zion: Kelebihan dan Kekurangan

Brake system magnetic reel BC Iroly Zion
Brake system magnetic reel BC Iroly Zion

Sebagai disclaimer, kami mengulas kelebihan dan kekurangan Iroly Zion berdasarkan pengalaman sendiri selama rentang waktu penggunaan. Menggunakan set tackle sebagai berikut:

  1. Reel Iroly Zion
  2. Rod Iroly Mirage 562 XUL 1-3 lb
  3. PE Duraking Natuna 0.8 (0.14 mm)
  4. Lure soft frog mini 2 gram
  5. Spot terbuka tanpa angin

Review ini tentu masih mungkin dipengaruhi oleh faktor x seperti skill melempar kami yang mungkin tidak sejago kalian :)). Hasilnya adalah di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Kelebihan Iroly Zion yang sangat terasa adalah super ringan, berat reel hanya 150 gram. Dalam hal ini, rata-rata reel BC pada umumnya memiliki berat antara 180 sampai 240 gram.Reel BC gaib, langka, atau tidak tersedia stock di pasaran. Begitulah, reel yang terbukti berkualitas apalagi harga sangat murah, akan seketika hilang diborong reseller, dan pada akhirnya goreng harga.
Memiliki spesifikasi mumpuni:
1. Air carbon body
2. Sealed bearing
3. Carbon drag
4. Air carbon handle
5. Drag clicker
6. Shallow spool
7. 8.3 : 1 gear ration
8. Max drag 5 kg
9. Line capacity 0.26mm 200m
10. Secure lock
11. Magnetic brake
12. Saltwater resistant
Bagi beberapa orang yang lebih mementingkan nama brand alih-alih kualitas produk, mungkin akan menghilangkan Iroly dari daftar.
Mudah longcast melempar lure micro, dan tidak ada kendala melempar lure 7 - 10 gram.Bagian handle knop tidak ada penutup, entah mengapa detail kecil ini beberapa kali mengganggu tampilan reel.
Dengan spesifikasi Iroly Zion yang mumpuni, harga resmi hanya sekitar 350-390 ribu rupiah.
Menurut kami sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar casting. Sistem brake memberi keleluasaan untuk mengatur di angka 0 sampai 5, yang paling aman ada di 2.5 atau 3 brake.
Mudah dalam perawatan seperti: mengatur tension ke netral setelah digunakan serta memberi pelumas rutin maksimal 3 bulan sekali di spool dan tension.
Memiliki fitur saltwater resistant dan sealed bearing, yang sebenarnya bisa digunakan baik di air tawar maupun air asin.
Tension spool knop mantap dan solid, tidak longgar sehingga tidak khawatir tension berubah sendiri saat mancing.
Secara subjektif, kami suka dengan model desain brake Iroly Zion. Terkesan premium, ya mirip-mirip sama SLX DC.

Kesimpulan

Motif air carbon asli reel BC Iroly Zion shallow spool Ulasanesia
Motif carbon reel BC Iroly Zion (abu-abu gelap)

Harga di bawah 400 ribu untuk reel BC dengan mempertimbangkan spesifikasi dan fitur di atas, menurut kami Iroly Zion sangat layak.

Sebelumnya, kami juga sempat menggunakan Kastking Zephyr (yang notabene sama-sama shallow spool), tetapi kami masih mengalami beberapa kali backlash, terutama ketika melempar lure di atas 7 gram.

Sedangkan untuk Zion tidak demikian, lure micro mudah longcast dan lure standar 7 sampai 10 gram masih oke.

Antara Zephyr dan Zion, tentu ada selisih harga yang lumayan. Hanya saja, kembali pada nama brand di mana Kastking lebih dikenal. Harga Zephyr lebih dari 2x lipat Zion, namun kualitas dan performanya menurut kami masih enak Zion.

Kiranya demikian beberapa review Iroly Zion terkait kelebihan dan kekurangan dari pengalaman kami. Sekali lagi, kami menyadari mungkin skill melempar kami tidak sebaik kalian, jadi kalau ada pendapat lain coba ceritakan di komentar ya!

Baru Lama
1 Comments
  • Takin
    Takin Kamis, 18 April, 2024

    Bener-bener reel goib, cocok buat casting garithel wkwkwk 🤣

Komentari
comment url