Ulasan Tegek Mini Stream Tanago 300, Alternatif Mini Stream Wing

terakhir kali kami update Apr 29, 2024

Tegek Mini Stream Tanago menjadi alternatif tegek Mini Stream Wing, terutama jika kebutuhan kalian adalah ukuran 360 ke bawah.

Sebagaimana sama-sama kita ketahui, Mini Stream Wing hanya ada satu pilihan ukuran: 360 cm atau 3,6 meter.

Sedangkan Stream Tanago punya beberapa variasi ukuran, dari 210, 240, 270, dan 300.

Sesuai dengan namanya, tanago, tegek ini memiliki action yang dikhususkan untuk memancing ikan kecil (microfishing).

Memancing microfishing menggunakan tegek medium-hard seperti Threefish Xuancai 360 kurang cocok. Sebab, sekali sentak ikan kecil langsung terpental keluar dari air.

Perlu sebuah tegek yang punya action medium atau medium-slow, di mana Mini Stream Tanago adalah pilihan yang tepat.

Tanpa perlu custom atau mengubah action, kalian sudah mendapatkan sensasi tarikan ikan kecil.

Lantas bagaimana jika mendapatkan ikan besar, apakah tegek ini kuat? Berdasarkan pengalaman tim ulasanesia saat menggunakannya, tegek ini ulet dan kuat.

Kami beberapa kali salah target, harusnya memancing ikan wader, tetapi yang makan nila berukuran 5 jari.

Namun, Mini Stream Wing mampu mengatasinya dengan baik, dan sensasi tarikan nila 5 jari di arus deras benar-benar bikin gemetar.

Pastinya kalian sudah bisa membayangkan, bagaimana perasaan memancing pakai piranti micro, tetapi malah dapat ikan macro (besar).

Review tegek Mini Stream Tanago 300 untuk microfishing

Ulasan dan Review Tegek Mini Stream Tanago 300 Hands On

Sebelum masuk ke review, perlu kita samakan pemahaman. Memancing tanago adalah salah satu teknik yang menargetkan ikan kecil. Istilah ini berasal dari Jepang, merujuk pada salah satu jenis ikan bernama tanago, secara harfiah artinya ikan di telapak tangan.

Karena ukurannya kecil, maka membutuhkan piranti memancing micro yang sama-sama kecil.

Seperti: kail 0,8 atau di bawahnya, senar berdiameter 0,10 atau di bawahnya, pelampung micro, timah micro, dan pastinya joran tegek lentur.

Ukuran joran tegek yang ideal untuk memancing tanago mulai dari 90 cm sampai maksimal 300 cm.

Terlalu panjang tidak enak, di mana sensasi tarikan ikan justru tereduksi atau berkurang.

Maka dari itulah, tegek Mini Stream Tanago memiliki varian panjang maksimal hanya 300 cm atau 3 meter. Dan inilah ulasan berdasarkan pengalaman penggunaan tegek ini.

1. Panjang Tegek Terbuka

Tegek ini memiliki panjang terbuka real 300 cm atau 3 meter, jumlah ros Mini Stream Tanago 300 ada sebanyak 12 buah.

Pada tiap ros tidak ada nomor seri atau motif khusus. Rosnya model biasa, hampir sama dengan Oregon Rawit atau Silincah, carbon hitam glossy bertekstur.

2. Panjang Tegek Tertutup

Panjang tertutup tegek ros pendek Mini Stream Tanago

Sedangkan untuk panjang tertutup adalah 33 cm. Cukup recomended jika kalian mencari tegek ros pendek yang bisa masuk bagasi bawah jok motor dan tas selempang.

Panjang ini termasuk bagian tutup bawah, kalian bisa melihat gambar di atas. Sedangkan kalau memasang tutup atas, akan bertambah sekitar 2 cm, menjadi sekitar 35 cm.

3. Berat Tegek Mini Stream Tanago 300

Berat tegek Mini Stream Tanago 300 tanpa tutup 66 gram
Berat tegek Mini Stream Tanago 300 tanpa tutup 66 gram

Kabar baiknya, pancing tegek ini punya bobot sangat ringan, yaitu hanya 66 gram tanpa tutup atas. Tutup bawah tegek berbahan CNC atau metal, yang mana memberi beban lebih di bagian pangkal.

Tegek ros pendek yang ringan sangat jarang. Jika kalian bandingkan bobot tegek 300 ros panjang, dengan bobot tegek 300 ros pendek. Mayoritas 300 ros panjang lebih ringan.

4. Action dan Bendingan Tegek Mini Stream Tanago 300

Action dan bendingan tegek Mini Stream Tanago 300 beban korek api
Action dan bendingan tegek Mini Stream Tanago 300 beban korek api

Salah satu hasil review yang paling ditunggu-tunggu yaitu bagaimana action tegeknya. Mini Stream Tanago memiliki action medium-slow, yang sangat cocok untuk memancing micro.

Tim kami mencoba dan mendapat beberapa anakan ikan nila, ikan wader, dan uceng yang notabene tarikannya sangat terasa.

Ukuran panjang 3 meter tidak menghambat sensasi getaran tarikan ikan. Mengingat bobotnya yang ringan, menjadikan memancing micro asyik dan menyenangkan.

Gambar di atas adalah contoh action tegek ini dengan beban sebuah korek api. Melengkung parabolic yang indah dan meski lentur ternyata tidak letoi.

5. Tampilan dan Kelengkapan Tegek Impor

Tampilan warna ros tegek Mini Stream Tanago
Tampilan warna ros tegek Mini Stream Tanago

Berbicara tampilan sebenarnya bersifat subjektif ya. Hanya saja, ketika melihat penampilan pertama tegek ini pasti kagum.

Mini Stream Tanago memiliki warna dominan putih, dengan aksen hijau lumut bertuliskan TANAGO.

Penting kalian ketahui bahwa, handle atau pegangan tegek ini bukan cork/eva, melainkan kayu.

Mini Stream Wing handle cork, joran tegek Rawit custom juga handle cork. Pada intinya, handle kayu asli di Mini Stream Tanago itu unik banget.

Sedangkan untuk kelengkapan tegeknya, dari paket pembelian kami hanya mendapatkan unit tegek dan sarung kasar dengan pengunci. Tidak ada box atau sertifikat apapun.

Tabel Kelebihan dan Kekurangan Tegek Mini Stream Tanago 300

KelebihanKekurangan
Rekomendasi tegek untuk microfishing, karena memiliki bobot sangat ringan (66 gram) dan action medium-slow yang bagus.Harga relatif mahal, yaitu berkisar antara 500k sampai 600k untuk seri Mini Stream Tanago 300.
Ros pendek yang ringkas, bisa masuk jok motor atau tas selempang, panjang tertutup hanya 33 cm. Ini lebih pendek daripada Rawit, Xuancai, atau Jianghome kuning.Tidak ada corak motif yang membedakan bahwa ini adalah tegek premium. Bahkan, bahan ros carbon Mini Stream Tanago memiliki sambungan yang tidak rapi.
Memberi sensasi tarikan ikan yang luar biasa. Action tegek apik, melengkung parabolic sempurna. Ukuran handle kayu menurut kami agak kecil, kurang cocok jika kalian melakukan custom kolong dan memberi reel tokos.
Tidak sengaja dapat ikan macro, seperti ikan nila 5 jari? Tenang, saat mencobanya kami mendapat ikan nila cukup besar di arus deras, dan tegek ini memberi perlawanan yang bagus.Kurang cocok untuk teknik nutul, yang menggunakan timah besar di arus deras. Rekomendasi pemakaian terbaik adalah teknik pelampungan di arus tenang.
Mudah dalam mencari sparepart ros tegek pengganti kalau mengalami patah/rusak.

Tegek Mini Stream Tanago Cocok untuk Siapa?

Lantas, tegek microfishing lentur ros pendek ini cocok untuk siapa? Mempertimbangkan harga, kelebihan, dan kekurangan di atas. Tentu saja Mini Stream Tanago lebih cocok untuk penggunaan teknik pelampung di arus tenang, dengan target ikan micro.

Cocok untuk kalian yang suka dengan tegek unik. Selain ini, apalagi tegek yang menawarkan handle kayu?

Untuk ukuran 3 meter, menurut kami lebih lentur daripada Jianghome di ukuran sama.

Tegek Mini Stream Tanago akan melengkung hingga tengah, pun kalau kalian hanya mendapatkan seekor garithel. Ada pengalaman lain? Coba ceritakan di komentar ya!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url