Script Keterangan Copy Paste di Blogger

terakhir kali kami update Jan 2, 2024

Pernah melihat keterangan yang muncul otomatis saat kalian copy paste artikel dari blog seseorang? Ternyata, hal serupa bisa kalian terapkan untuk membuat keterangan copy paste di Blogger atau Blogspot.

Alih-alih menggunakan script anti copas atau anti klik kanan untuk Blogger, kami di ulasanesia lebih menyarankan agar memakai script keterangan copas.

Mengapa? Ada banyak manfaatnya, salah satunya menambah rujukan ke blog kalian secara otomatis. Itu sebagai media promosi dan branding blog kalian.

Hal seperti ini juga diterapkan oleh media pemberitaan daring populer. Hasilnya, saat seseorang melakukan salin tempel dari artikel kalian akan seperti ini:

© Script Keterangan Copy Paste di Blogger | Ulasanesia
Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta
https://www.ulasanesia.com/2024/01/script-keterangan-copy-paste-di-blogger.html

Sayangnya, menggunakan script keterangan copas otomatis tidak menjamin sepenuhnya. Terlebih orang tidak bertanggung jawab yang hanya salin tempel dan menghapus link yang muncul.

Cara Menambah Script Keterangan Copy Paste di Blogger Otomatis

Pada artikel ini, kami hendak menyampaikan bahwa setiap artikel di ulasanesia ditulis dengan kerja keras, babak belur, dan berdarah-darah.

Kami melarang melakukan copy paste seluruh artikel, dan mengizinkan melakukan copy paste sebagian dengan memberi rujukan berupa tautan aktif ke artikel terkait atau homepage ulasanesia.

Berikut ini cara menambah script tersebut untuk pengguna Blogger atau Blogspot.

  1. Masuk ke Blogger >> tema >> edit HTML.
  2. Temukan kode </body> kemudian tempel script di atasnya.
  3. Ganti kata-kata atau keterangan yang tebal sesuai dengan keinginan kalian.
  4. Untuk judul dan URL yang muncul, sudah otomatis berdasarkan artikel (tidak perlu diganti).
  5. Simpan.

Script:

<!--script keterangan ketika copy paste -->
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

Kalian bisa mencoba untuk melakukan copas sebagai uji coba. Jika berhasil meletakkan script, hasilnya akan sesuai dengan gambar di atas.

Manfaat Menambah Script Keterangan saat Artikel Dicopy Paste Orang

Script keterangan copy paste di Blogger otomatis

Setiap script bisa menjadi tidak berfungsi jika pengguna menonaktifkan javascript melalui pengaturan browser.

Meski begitu, dengan adanya keterangan saat orang lain melakukan copy paste di artikel kalian, memberi petunjuk kepada orang tersebut bagaimana menggunakan informasi secara legal.

Manfaat lainnya sebagai sarana promosi secara otomatis, setidaknya, itu seperti kipas angin yang menghilangkan keringat saat menulis.

Sekian cara menambah script keterangan copy paste di Blogger secara otomatis, semoga bermanfaat ya!

Baru Lama
2 Comments
  • Anonim
    Anonim Selasa, 02 Januari, 2024

    Haha aku pikir sulit, ternyata cuma gini. Oke thanks bang.

  • mashabibi
    mashabibi Selasa, 02 Januari, 2024

    Thanks ilmunya gan, sangat bermanfaat

Komentari
comment url