Exblog Adalah: Pengertian, Cara Daftar, dan Menghubungkan Adsense

terakhir kali kami update Jan 4, 2024

Exblog adalah platform blogging gratis yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Excite Japan Co., Ltd. Pengguna dapat mendaftar gratis, membagikan artikel, dan menambahkan monetisasi dengan Google Adsense.

Sebelumnya, kami di tim ulasanesia sudah membahas berbagai hal terkait dengan kelebihan dan kekurangan Exblog ini.

Ya, salah satu kelebihannya adalah lebih gampang mendapat penerimaan saat pengajuan monetisasi. Namun, kalau menjadikan Exblog sebagai money site jangka panjang masih sulit dilakukan (bukan mustahil).

Lantas, Exblog ini lebih cocok untuk siapa? Bagaimana menggunakan Exblog agar mendapatkan cuan dari sana?

Exblog Adalah Blogspot-nya Jepang, Cocok untuk Siapa?

Penguna yang ingin mendaftar blog gratis dapat melalui URL https://www.exblog.jp/. Akan tampil halaman utama Exblog, dengan bahasa Jepang, tentu saja.

Sebenarnya, perusahaan Excite Japan sudah meluncurkan Exblog ke pasar global sejak 2004, dan mendapatkan atensi masyarakat Indonesia hampir satu dekade setelah itu.

Exblog Adalah Pengertian, Cara Daftar, dan Menghubungkan Adsense

Berdasarkan pengalaman ulasanesia, platform blogging gratis ini cocok untuk:

1. Masyarakat Jepang Itu Sendiri

Exblog adalah platform yang sepenuhnya menggunakan bahasa Jepang, serta memakai domain Country Code Top-Level Domain (ccTLD) .jp, artinya memang menyasar pasar Jepang.

Orang di Negeri Sakura tidak terbatas pada jenis kelamin dan profesi, semuanya dapat menggunakan platform ini secara bebas.

Baik untuk membagikan cerita, pengalaman, hingga memasarkan produk seperti kerajinan tangan. Di sisi lain, beberapa artis Jepang juga menggunakan cerita daily life mereka kepada para penggemar.

Pada beberapa titik, Exblog ibaratnya seperti media sosial bagi orang Jepang sendiri. Lebih khusus lagi, media sosial untuk membagikan artikel panjang lengkap dengan visual gambar pendukung secara gratis.

Fakta terbaru muncul: bahwa Blogger dari Indonesia dan Prindavan tidak hanya menulis dengan bahasa Jepang!

Bahkan ada yang menulis dengan bahasa Indonesia atau Inggris, sehingga untuk urusan konten tampaknya menggunakan bahasa Negeri Sakura bukanlah suatu kewajiban.

Meski begitu, semua fitur yang terdapat di Exblog menggunakan bahasa Jepang. Ini adalah persoalan lain yang sebaiknya kalian pertimbangkan lebih dulu.

2. Exblog Adalah Platform untuk Orang yang Ingin Belajar

Masyarakat dunia secara global dapat mendaftar dan menggunakan Exblog sebagaimana yang orang Jepang lakukan.

Cocok untuk orang yang ingin atau sedang belajar bahasa Jepang, orang yang meneliti budaya populer Jepang, dan orang yang punya rasa ingin tahu tinggi.

Atmosfer Exblog memang sangat kental dengan apa yang sedang trending di Negeri Sakura. Ini dapat menjadi referensi untuk siapa pun di belahan dunia mana pun, yang ingin belajar lebih jauh tentang Jepang.

Bahkan, terdapat aplikasi Exblog di Google Play yang hingga artikel ini ditulis hanya mendapatkan sebanyak 10 ribu unduhan.

Aplikasi Exblog di Google Play

Excite Blog: Aplikasi blog gratis yang berfokus pada gambar dan desain

3. Tambahan Cuan dengan Memanfaatkan Kepopuleran Exblog

Selanjutnya, ini sebenarnya sedikit tricky bahwa Exblog bisa menjadi salah satu sumber penghasil uang untuk para blogger.

Memanfaatkan kepopuleran Exblog dan kemudahan mendapat penerimaan saat mengajukan Google Adsense. Alih-alih menjadikan Exblog sebagai money site, blogger bisa menjual akun yang sudah terdaftar tersebut.

Hal semacam ini juga sedang trending di grup media sosial blogger, misalnya blogger dari Indonesia. Dengan rate harga antara 50k - 100k per akun.

Kalian cukup mendaftar blog baru, mengisi dengan artikel dalam bahasa Jepang, dan mendaftar ke Google Adsense.

Selain menjual akun, ada informasi baru mendapatkan cuan dari Exblog, yaitu memiliki kolam sendiri dengan memanfaatkan media Pinterest atau landing page.

Untuk Pinterest, kalian cukup mengunggah gambar yang berisi tautan keluar, mengarah ke URL blog Exblog.

Kalau landing page, mayoritas menggunakan LP dating, namun kami sangat tidak menyarankan menggunakan cara ini. Dengan landing page, membagikan ke grup Facebook, menggunakan FB Ads, dan CTA mengarah ke URL blog Exblog.

Sampai sekarang belum ada potensi menggunakan Exblog untuk memperoleh organic traffic. Kami akan update artikel ini lagi jika menemukan informasi baru.

Tutorial Cara Membuat Blog di Exblog JP

Cara Daftar Exblog Blog

Apakah kalian adalah salah satu orang yang cocok dengan platform ini, kemudian ingin daftar Exblog? Berikut langkah-langkah melakukannya.

  1. Masuk ke situs Exblog JP (https://www.exblog.jp/). Terjemahkan otomatis ke bahasa yang kalian mengerti, misalnya dalam hal ini ke Indonesia menggunakan ekstensi Chrome Google Terjemahan.
  2. Pilih Gabung >> Pendaftaran Baru (gratis).
  3. Masukkan beberapa data meliputi: ID unik baru >> kata sandi baru >> alamat email >> pertanyaan keamanan >> jawaban pertanyaan keamanan >> jenis kelamin >> tanggal lahir >> kode pos Jepang.
  4. Setelah semua data tersebut terisi, klik Daftarkan ID Exblog.
  5. Buka email kalian >> konfirmasi alamat email. Dengan melakukan konfirmasi, ID Exblog kalian sudah aktif.
  6. Pilih Buat Blog >> isi nama >> tema >> kategori >> Buat Blog.
  7. Pilih Pengaturan untuk mempercantik tampilan, deskripsi blog, serta hal lain yang menunjang topik bahasan kalian.
  8. Pada tahap ini, kalian sudah memiliki ID dan blog di Exblog. Mulailah dengan membuat postingan pertama, pilih menu buat postingan.
  9. Kalian akan masuk ke dashboard pengeditan, isi semua kolom yang tertera. Meliputi judul artikel, kategori (tambah kategori baru), tag, isi, dan gambar untuk artikel.
  10. Kalau sudah selesai, tinggal pilih publikasi.

Sebagai catatan, mungkin nama menu yang tertera di perangkat kalian berbeda-beda. Exblog adalah platform yang menggunakan bahasa Jepang, sedangkan terjemahan ke bahasa Indonesia mungkin tidak sama.

Cara Menghubungkan Exblog ke Google Adsense

Setelah memiliki blog Exblog yang sudah ada postingan artikelnya, kalian dapat menghubungkan blog tersebut ke Adsense untuk mulai mengumpulkan penghasilan.

  1. Setidaknya, isi blog dengan 1 artikel atau lebih. Artikel menggunakan bahasa Jepang yang baik dan benar. Jika orang Indonesia menulis artikel, mayoritas menggunakan terjemahan. Tetapi kami selalu positif thinking bahwa masih ada orang Indonesia yang benar-benar menulis manual dengan bahasa Jepang.
  2. Masuk ke dashboard Google Adsense >> tambahkan situs >> masukkan URL blog Exblog kalian.
  3. Pada menu iklan, kalian akan mendapatkan kode iklan Adsense. Masuk ke pengaturan umum >> konfigurasi dasar >> Google Adsense for Excite Blog >> masukkan kode iklan di kolom yang tersedia.
  4. Simpan pengaturan dan tunggu penerimaan.
Pengaturan Exblog Blog
Menghubungkan Exblog ke Adsense

Perlu kalian ketahui, meski belum menghubungkan blog ke Adsense, sudah ada iklan yang muncul di blog kalian.

Sedangkan untuk iklan Exblog adalah 80:20, di mana 80% untuk platform Exblog dan 20% untuk publisher (kalian). Sekian penjelasan pengertian Exblog (Excite Blog), cara daftar, dan cara menghubungkan ke Adsense. Semoga membantu, ya!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url