Review Samsung Chromebook 4 Berdasarkan Penggunaan

terakhir kali kami update Jan 19, 2024

Review Samsung Chromebook 4 berdasarkan penggunaan dan pengalaman selama lebih dari satu bulan.

Chromebook gampangnya adalah notebook yang menggunakan sistem operasi Chrome OS.

Kalian bisa membayangkan notebook dengan spesifikasi kentang (rata-rata Intel Celeron 4020), yang tidak menggunakan Windows. Apakah penggunaan Chromebook mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari?

Mengingat harga perangkat ini jauh di bawah rata-rata laptop pada umumnya. Yaitu berada di harga 1,2 juta sampai 1,7 juta.

Kabar baiknya, salah satu tim ulasanesia menggunakan Chromebook Samsung untuk keperluan membuat konten artikel. Dan berikut merupakan hasil ulasannya.

Review Samsung Chromebook 4 Berdasarkan Penggunaan
Dokumen pribadi

Spesifikasi Samsung Chromebook 4 (Specs Tech)

Samsung menyebut produk Chromebook sebagai cara kerja yang lebih cerdas dan sederhana. Chromebook Samsung memiliki desain yang, menurut kami, lebih baik daripada Chromebook lainnya dari Dell, HP, atau Acer.

Sistem OperasiChrome OS
ProsesorIntel Celeron N4020
GrafikIntel UHD Graphics 600
Layar11,6 inchi, LED 1366x768
Anti reflektifYa
RAM4GB LPDDR4
ROM32GB eMMC
WarnaPlatinum Titan
MultimediaStereo speakers, internal digital mic, 720p HD camera
SIM CardNo
JaringanBluetooth, WiFi 802.11 ac wave2 2x2
PortUSB-C (1x), USB 3.0 (1x) MicroSD (1x), Headphone Jack (1x)
Baterai39 Wh
ChargerTravel charger USB-C to USB-C
Dimensi287.9 x 202.3 x 16.7 mm
Berat1,1 kg
Harga baru2,4 juta
Harga bekas1,2 - 1,7 juta


Tampilan depan Samsung Chromebook 4
Tampak depan

Perlu kalian pahami bahwa harga di atas tergantung pada toko tempat membeli, kondisi, dan keadaan Chromebook. Kami mendapatkan Samsung Chromebook 4 seharga 1,2 juta dan untungnya, keadaan mulus nominus.

Review Samsung Chromebook 4: Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan yang paling terasa saat kami menggunakannya adalah: daya tahan baterai luar biasa, kelancaran browsing dan menggunakan produk Google (Dokumen, Spreadsheet, Play, dsb).

Kemudian, kelebihan juga kami rasakan dari performa Chrome OS stabil walaupun digunakan berjam-jam. Serta bobot yang jauh lebih ringan daripada laptop 14 inchi.

Sedangkan kekurangannya, tentu saja tidak bisa install aplikasi Windows serta perlu adaptasi lebih serius dengan layout keyboard. Berikut daftar kelebihan dan kekurangannya dalam tabel.

Perbandingan ukuran Samsung Chromebook 4
Perbandingan ukuran dengan laptop 14 inchi
Charger Samsung Chromebook 4
Perbandingan ukuran charger
KelebihanKekurangan
Sangat ringan, bobot hanya 1,1 kg. Hal ini membuat kalian bisa membawa Chromebook dengan tas selempang.Prosesor Intel Celeron N4020, tentu saja ketinggalan zaman. Namun berkat menggunakan Chrome OS, hal ini bukan masalah saat membuka puluhan tab Chrome.
Ukuran compact dan ringkas, layar 11,6 inchi mungkin tampak terlalu kecil jika sebelumnya pakai laptop 14 inchi. Tapi menurut kami ini masuk dalam kelebihan.Bezel layar kiri, kanan, bawah, dan atas masih sangat lebar. Sebenarnya tidak ada kompromi untuk sektor ini karena mengingat harganya hanya 1 juta lebih sedikit.
Daya tahan baterai di luar nalar. Kapasitas baterai 39 Wh kami uji coba buat online dan mengetik setiap hari mampu bertahan lebih dari 10 jam!Kapasitas RAM 4 GB dan tidak bisa upgrade, tidak terlalu disarankan menggunakan aplikasi editing video atau kerja berat di Chromebook.
Pengecasan cepat, dengan adaptor berukuran kecil USB-C to USB-C. Rata-rata kami hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk mencapai dari 0 ke 90%.Kapasitas ROM 32 GB, di mana untuk sebagian pengguna perlu adaptasi yang lebih baik. Namun, Chromebook sudah terintegrasi dengan Google Drive di File Manager.
Desain Samsung Chromebook 4 premium dengan warna platinum titan. Layout keyboard yang berbeda. Contoh mudahnya untuk melakukan klik kanan, kalian perlu menekan alt + klik. Adaptasi benar-benar multak diperlukan untuk hal ini.
Terdapat ganjalan karet saat layar dibuka di bagian kanan dan kiri bawahnya. Mirip dengan laptop 7 jutaan ke atas.Tidak bisa install aplikasi Windows. Mungkin bisa, tetapi kami tidak merekomendasikan lantaran mengingat spesifikasi kentang Chromebook.
Tersedia Google Play Store, kalian bisa bermain Mobile Legends, namun tujuannya bukan untuk itu. Pada intinya aplikasi smartphone favorit bisa kalian install dengan mudah di Chromebook.Sulitnya mencari aksesoris yang sesuai dan kompatibel. Beberapa waktu lalu kami mencoba cari silikon pelindung keyboard di marketplace, namun nahas, sama sekali tidak ada yang menyediakannya.
Jangna lupakan bahwa Chromebook memiliki harga sangat terjangkau. Laptop Windows di rentang harga sama, 1 juta lebih sedikit, kami yakin tidak akan memberikan pengalaman yang lancar sebagaimana saat pakai Chromebook.

Di Samsung Chromebook 4 ini berdasarkan pengalaman dan penggunaan beberapa waktu. Sebenarnya mousepad terdapat fitur gesture untuk melakukan scroll up dan scroll down.

Tetapi, kami lebih suka menggunakan mouse wireles karena lebih mudah untuk konfigurasi klik kiri dan klik kanan. Tentunya kalian bisa menyesuaikan dengan karakteristik penggunaan masing-masing.

Lantas, Samsung Chromebook 4 Ini Cocok untuk Siapa?

Keyboard Samsung Chromebook 4
Keyboard Samsung Chromebook 4 full size masih nyaman

Review Samsung Chromebook 4 yang kami lakukan murni pendapat subjektif, yang semoga mengarah pada objektivitas. Sebelumnya, tim ulasanesia menggunakan laptop Windows 14 inchi.

Dan masa transisi dari Windows OS ke Chrome OS ternyata membutuhkan cukup banyak energi. Sehingga kami tidak bisa menyarankan untuk semua orang menggunakan perangkat Chromebook. Berikut beberapa pihak yang kemungkinan cocok dengan ini.

  1. Blogger, jika kalian hanya berkutat pada semua konten artikel di website, Chromebook bisa dilirik.
  2. Penulis artikel, misalnya kalian menyediakan jasa artikel SEO, layanan riset keyword, atau hal-hal yang berkaitan dengan jasa secara online.
  3. Admin media sosial dan marketplace, yang notabene memiliki tugas kontrol serta monitoring.
  4. Mencari hiburan, baik selancar di media sosial maupun nonton video. Mengingat daya tahan baterai Chromebook yang di luar nalar.
  5. Arsiparis data tertentu, penyimpanan Chromebook langsung terintegrasi dengan Google Drive sehingga memudahkan untuk menyimpan data secara cloud.

Pada intinya, jika kalian tidak bergantung pada penggunaan aplikasi Windows untuk kebutuhan utama. Maka Chromebook dapat menjadi alternatif yang affordable, murah, dan lancar.

Tetapi jika kalian harus menggunakan aplikasi Windows, tetap pertimbangkan menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows.

Sebab, Chromebook sangat tergantung pada produk Google, termasuk kebutuhan office. Misalnya untuk menulis menggunakan Google Dokumen, Excel di Spreadsheet, atau penyimpanan ke Google Drive.

Kesimpulan

Pada akhirnya, kami merasa puas menggunakan Chromebook Samsung ini. Terlebih pada kelebihan yang benar-benar membantu, dan kekurangannya yang tidak terlalu berpengaruh untuk urusan kami.

Harga 1,2 juta untuk mendapatkan perangkat produktif yang demikian, menurut kami sangat layak.

Kami ingin mengucapkan dengan bangga: selamat tinggal colokan listrik, selamat tinggal laptop berat, selamat tinggal punggung yang sakit. Dan selamat datang untuk efisiensi, praktis, serta fleksibel dalam produktivitas!

Oya, sebagai tambahan, kami beli Samsung Chromebook 4 di sini.

Sekian sekilas review Samsung Chromebook 4 yang kami gunakan. Jika ada perubahan atau tambahan informasi yang berpengaruh pada ulasan ini, seperti biasa, kami akan melakukan update!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url