8 Platform Blog Gratis Paling Populer di Indonesia

terakhir kali kami update Jan 18, 2024

Apa saja platform blog gratis yang paling populer di Indonesia? Tim ulasanesia telah merangkum beberapa, baik yang sudah dikenal sejak dulu maupun yang trending belakangan ini.

Blogger dan WordPress,com merupakan dua platform yang menunjukkan eksistensinya sejak awal 2000-an. Keduanya seolah rival abadi yang menyita pengguna di seluruh dunia.

Lantas seiring berjalannya waktu, aktivitas blogging semakin digemari oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Beberapa tetap bertahan pada platform yang menyediakan layanan gratis selamanya, beberapa lain menggunakan self hosting dan domain untuk kebutuhan profesional.

Jika kalian ingin memulai aktivitas blogging secara gratis untuk membagikan cerita, membuat portofolio, atau sekadar menulis catatan. Berikut adalah beberapa platform tanpa biaya bulanan dan tahunan yang bisa kalian pertimbangkan.

Platform Blog Gratis Paling Banyak Digunakan

Blogging adalah kegiatan mengelola blog atau web log, berisi konten teks, gambar, serta visual yang lainnya secara berkala.

Hasil blogging bisa diakses oleh pengguna di seluruh dunia yang terhubung ke internet. Misalnya untuk membagikan informasi, pengalaman, tips dan trik, serta lain sebagainya. Tergantung pada niche atau kategori blog yang kalian buat.

Berikut merupakan daftar platform blogging gratis yang tidak membutuhkan biaya langganan tahunan.

platform blog gratis populer di Indonesia

1. Blogger, Platform Blog Gratis dari Google

Blogger adalah platform blog ‘anak tiri Google’ yang tentu saja gratis. Semua konten langsung dihosting melalui server Google.

Platform ini menjadi yang paling populer, bebas, dan fleksibel. Populer karena merupakan salah satu produk keluaran raksasa teknologi itu.

Bebas lantaran penggunanya dapat melakukan update, perubahan, dan customisasi sesuka hati. Baik perubahan template, penambahan fitur, widget, dan sebagainya.

Sedangkan fleksibel, karena di sisi lain pengguna juga dapat melakukan custom domain. Dari yang semua menggunakan URL .blogspot.com berubah menjadi .com atau ekstensi domain lainnya.

Untuk mendaftar Blogger juga terbilang mudah. Kalian cukup memiliki akun Google, kemudian masuk ke Blogger - Create a unique and beautiful blog easily.

2. WordPress.com, Blogging Gratis dengan Aplikasi Mobile Terbaik

Selanjutnya ada WordPress, bedakan antara WordPress,com dan WordPress,org karena keduanya berbeda.

WordPress,com merupakan platform blogging gratis yang menurut kami, keunggulannya terletak pada aplikasi seluler yang benar-benar powerful.

Berbeda halnya dengan aplikasi seluler Blogger yang jelek banget, pengguna WordPress,com dapat menggunakan aplikasi seluler tersebut layaknya mengakses situs dari desktop.

Platform ini juga bebas dalam customisasi, baik theme WordPress (yang sudah disediakan) maupun custom domain berbayar.

Perlu kalian perhatikan bahwa WordPress,com sangatlah ketat. Di mana pengguna dapat langsung diblokir atau dihapus blognya jika menyalahi aturan yang berlaku.

3. Tumblr, Platform Blog Simpel

Daripada menyebut Tumblr sebagai platform blog, ini lebih cocok kita sebut sebagai platform media sosial microblog.

Pengguna dapat membagikan konten dalam bentuk postingan singkat, lengkap dengan gambar, tautan, video, dan unsur lainnya.

Tidak ada batasan untuk membuat konten, tetapi pengguna harus puas dengan customisasi yang terbatas.

Platform ini meluncur ke publik pada 2007 silam, oleh David Karp dan Marco Arment. Seiring berjalannya waktu, pengguna Tumblr juga meningkat, terlebih untuk kebutuhan posting seperti di media sosial.

Apakah Tumblr bisa Adsense? Sayangnya tidak, kalian tidak bisa menghubungkan Tumblr ke Google Adsense.

Alternatifnya, pihaknya menyediakan iklan bernama Tumblr Adsense untuk monetisasi konten yang memenuhi syarat.

4. Medium, Tanpa Mengurus Teknis Blog

Apakah kalian ingin langsung menulis sesuatu tanpa harus mengurus teknis blog? Mungkin Medium adalah jawaban yang kalian butuhkan.

Ya, kalian hanya perlu membuat akun medium, mulai menulis sesuatu secara manual, kemudian mempublikasikan.

Keunggulan Medium menurut tim ulasanesia adalah bahwa platform ini tidak membutuhkan optimasi SEO sama sekali.

Kalian yang mengunggah konten di Medium, langsung muncul di pencarian nomor wahid berkat otoritas situs Medium itu sendiri.

5. Wix, Website Builder Gratis

Wix lebih terkenal sebagai website builder, karena kemudahan untuk membangun blog tanpa membutuhkan skill coding sama sekali.

Model pembuatan blog menggunakan Wix sama halnya plugin Elementor dalam WordPress,org. Kalian cukup drag and drop untuk menyesuaikan tampilan blog dengan selera.

Keunggulan Wix memang dari mudahnya customisasi drag and drop, namun bagi pengguna di Indonesia platform ini kurang populer.

Mengapa? Sebab semakin banyak visual di halaman blog, otomatis membuat pemuatan halaman lebih berat dan loading lama.

Tetapi, Wix masih populer di luar negeri. Sebab di luar negeri, Amerika misalnya, mereka memiliki koneksi internet yang lancar badai. Di Indonesia, koneksi internet sudah mahal lemot pula. 

6. About.me, Blog Portofolio Gratis

Kami memasukkan About,me sebagai salah satu platform bloggratis khususnya untuk portofolio. Melalui platform ini, kalian dapat menambahkan social link hingga berapa pun.

Misalnya nih, kalian memiliki usaha toko online, kemudian ingin menampilkan keterangan toko kalian lengkap dengan tautan ke media sosial.

Maka About,me dapat menjadi salah satu alternatif terbaik. Akun platform ini gratis, artinya tidak membutuhkan biaya langganan selamanya.

Untuk customisasi memang terbatas, namun kalau kebutuhan hanya untuk portofolio, About,me menyediakan pilihan yang sudah sangat cukup.

7. Weebly, Fitur Blog Gratis yang Sudah Disediakan

Platform blog gratis berikutnya ada Weebly, seperti halnya Wix yang kurang populer bagi blogger di Indonesia.

Keunggulannya terletak pada tema yang lengkap, baik untuk blog pribadi, bisnis (marketplace), event, portofolio, dan sebagainya.

Semua tema tersedia di dalam Weebly secara gratis, tanpa harus menyusun atau customisasi sejak awal. Kemudian, platform ini menawarkan drag and drop, serta lebih dari 150 aplikasi atau plugin dalam blog.

8. Exblog, Platform Blog Gratis dari Excite Jepang

Belakangan ini di Indonesia, platform Exblog menjadi sangat populer. Ini merupakan platform gratis dari perusahaan Excite asal Jepang.

Sebelumnya, kami sudah membahas beberapa kelebihan platform ini. Seperti gratis, mudah mendapat penerimaan Google Adsense, tidak tidak perlunya optimasi SEO.

Namun kekurangannya juga perlu kalian pertimbangkan, seperti tidak bisa leluasa melakukan custom domain, sehingga harus puas dengan subdomain bawaan dari Exblog.

Kesimpulan

Jika kebutuhan kalian adalah blog berbayar (perlu langganan hosting dan domain per tahun), maka CMS WordPress dapat menjadi pilihan pertama.

WordPress menawarkan user interface yang ramah bahkan untuk pemula. Namun kalau kebutuhan kalian adalah blog gratis (misalnya untuk belajar), maka beberapa daftar di atas menjadi pilihannya.

Untuk yang paling aman, platform blog gratis yang kami rekomendasikan adalah Blogger dengan custom domain. Kalian dapat memperoleh fleksibilitas dan customisasi penuh, serta domain yang tampak profesional.

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url