Review Jasa Artikel SEO Enak Dibaca di Fastwork

terakhir kali kami update Des 28, 2023

Kami memahami jasa artikel SEO yang enak dibaca membutuhkan pengalaman, integritas, serta ketelatenan yang luar biasa.

Menulis artikel yang berkualitas tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu kerja berdarah-darah dan melawan rasa malas yang sulitnya luar biasa.

Beberapa kali kami mencoba untuk menggunakan jasa penulis artikel di platform Fastwork, sebuah marketplace freelancer dari Negeri Gajah Putih, Thailand.

Tenang, Fastwork sudah menggurita hingga ke Indonesia, dan tersedia dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Fastwork juga memiliki aplikasi di PlayStore maupun Appstore, bisa dijalankan dengan lancar oleh pengguna Android maupun iOS.

Terlepas dari itu, aplikasi ini memungkinkan antara freelancer dan klien bertemu. Semua detail proses hire freelancer tertera jelas melalui laman informasi serta detail layanan.

Review Jasa Artikel SEO Enak Dibaca di Fastwork

Jasa Artikel SEO Enak Dibaca Masrum di Fastwork

Berdasarkan informasi yang kami terima dan persetujuan dari Masrum sendiri. Bahwa ia memulai karier sebagai content writer sejak 2019.

Semula, Masrum bekerja sebagai content writer di beberapa agensi kreatif seperti sahabatartikel dan saungwriter.

Sempat juga menjadi penulis di media pemberitaan daring di pikiran-rakyat dan jawapos. Kemudian pada akhirnya menawarkan jasa secara independen di platform Fastwork.

Masrum daftar freelancer di Fastwork sejak 2020 lalu, sudah mendapat lebih dari 740 kali proyek, dan memperoleh 100% penyelesaian (tidak ada proyek yang dibatalkan).

Selain itu saat tim ulasanesia hubungi, Masrum cepat dan komunikatif saat membalas pesan. Serta memahami betul bagaimana konten artikel yang kami butuhkan.

Dari 740 kali proyek tersebut, ia mendapat review yang sangat positif, yaitu 4.9/5 bintang. Ini yang menjadi alasan kami tidak ragu untuk hire jasa artikel SEO Masrum saat itu.

Saat kami tanya apakah ia menggunakan bantuan Artificial Intelligence (AI) atau tidak, dengan jelas Masrum menyatakan bahwa jasa artikelnya 100% ditulis manual tanpa bantuan AI.

Profil Masrum

1. Kelebihan dan Kekurangan Masrum sebagai Penyedia Jasa Artikel SEO

Perlu kami sampaikan bahwa Masrum bekerja sendirian, di mana ia bertanggung jawab penuh atas setiap proyek yang diterima.

Sebab, tidak sedikit freelancer yang mendapatkan proyek menulis dalam kapasitas cukup besar, kemudian melemparkan pada penulis-penulis baru yang kurang cakap.

Berdasarkan pengalaman tim kami saat memesan 10 artikel 1.000 kata dengan topik finance (bukan untuk ulasanesia), berikut kesimpulannya.

KelebihanKekurangan
Artikel SEO friendly, kami menggunakan Yoast Plugin sebagai parameternya. Terbukti SEO dan keterbacaan hijau.Harga tidak murah-murah amat, tetapi bukan yang mahal banget. Kami mendapat harga Rp60/kata. Sedangkan rata-rata harga jasa artikel SEO di Fastwork mulai Rp50/kata sampai Rp150/kata. Sehingga harga Rp60/kata masih tergolong affordable mengingat kualitasnya terjamin.
Artikel ditulis manual, bebas plagiarisme (dibutkikan dengan cek plagiarisme di duplichecker), dan enak dibaca (human friendly) untuk manusia.Karena dikerjakan sendiri (tanpa tim), sehingga saat pesanan penuh, Masrum tidak bisa lagi menerima pesanan baru.
Masrum mengecek ulang artikel sebelum ia kirim. Dan kami sangat suka lantaran bebas saltik, antar paragraf terhubung, serta sesuai dengan KBBI dan PUEBI.Harga diskon masih tergolong kecil. Untuk 10 artikel 1.000 kata harganya 600k, hanya mendapat potongan 20k. Kami membayar masih 580k.
Kami meminta custom 4 artikel menggunakan bahasa santai, dan sisanya (6 artikel) menggunakan bahasa formal. Semuanya terlaksana dengan apik dan sempurna.Edit gambar featured dilakukan di Canva, sehingga untuk beberapa kasus perlu edit ulang. Meski begitu, kami ingat bahwa ia menawarkan jasa artikel SEO, bukan jasa edit gambar.
Per 10.000 kata pesanan artikel SEO, kami mendapatkan diskon hingga 60k.Riset keyword utama dan turunan dilakukan menggunakan tools gratis. Lagi-lagi kami ingat bahwa ia menawarkan jasa tulis artikel, bukan jasa riset keyword.
Orangnya cepat balas pesan, komunikatif, dan memberi saran yang lebih baik.Cek plagiarisme menggunakan tool gratis. Meski begitu kami cek ulang semua menggunakan 1Text dan original di atas 90%.
Terdapat layanan gratis upload ke dashboard WordPress dengan jaminan plugin SEO nyala hijau.Tidak ada jaminan artikel SEO menjadi page one di SERP. Hal ini cukup lumrah, sebab nyaris semua jasa artikel tidak memberi jaminan atau garansi page one seperti ini.
Ternyata bisa request edit gambar sesuai dengan template atau template featured img website kita.
Sudah include jasa riset keyword sederhana menggunakan, jadi ada 2 jenis keyword: utama dan LSI (sinonim).
Mendapat rekomendasi meta img, meta tag, dan meta deskripsi untuk artikel yang lebih powerful.
Bisa minta revisi sepuasnya, ini sebagai jaminan bahwa artikel yang kalian pesan benar-benar sesuai dengan harapan.
Bisa kirim bertahap dan bayar bertahap pula. Ini cocok untuk pesanan artikel dalam jumlah banyak.

2. Paket Harga Jasa Artikel SEO di Fastwork

Masrum menyediakan setidaknya tiga pilihan paket yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut daftar paket artikel tersebut.

Review Jasa Artikel SEO Enak Dibaca di Fastwork

a) Paket Rp60 per Kata

  • +Artikel
  • +Bebas plagiarisme 100%
  • +Revisi 1x

b) Paket Rp80 per Kata

  • +Artikel
  • +Bebas plagiarisme 100%
  • +Revisi 2x
  • +Riset keyword utama & turunan
  • +Gambar

c) Paket Rp100 per Kata

  • +Artikel
  • +Bebas plagiarisme 100%
  • +Revisi sepuasnya
  • +Riset keyword utama & turunan
  • + Gambar
  • +Upload ke draft/postingan (jaminan plugin SEO hijau)
  • +Prioritas pengerjaan

Ada layanan revisi sepuasnya sebagai jaminan bahwa artikel yang kalian pesan akan sesuai dengan ekspektasi dan harapan.

3. Tips Pesan Jasa Artikel SEO Enak Dibaca

Bagi kalian yang baru pertama kali mau mencoba menggunakan jasa seperti ini, ulasanesia memberi beberapa tips yang bisa kalian terapkan.

  1. Utarakan dengan singkat, padat, dan jelas. Misalnya, saya ingin pesan 10 artikel masing-masing 1.000 kata untuk tema finance.
  2. Beri penjelasan khusus pada pesanan kalian. Misalnya, di mana 4 artikel menggunakan bahasa santai dan sisanya menggunakan bahasa formal.
  3. Tambahkan informasi yang lebih spesifik untuk pesanan tersebut. misalnya, di akhir setiap artikel terdapat CTA dan paragraf soft selling yang mengarah ke website ulasanesia.com.
  4. Jika ingin segera upload artikel, kalian bisa meminta untuk mengirim secara bertahap. Misalnya, jika artikel sudah selesai bisa langsung dikirim.
  5. Setelah semua sudah oke, minta penawaran dan lakukan pembayaran.

Masrum akan memberikan tautan Google Drive bersama yang berisi hasil pengerjaan. Setiap hasil pengerjaan terkirim, inilah asyiknya, kalian bisa menambah brief lain yang mungkin kelewatan.

4. Jasa Tulis Artikel SEO Ini Cocok untuk Siapa?

Meski menawarkan layanan terbaik, harus kami katakan bahwa ternyata tidak semua orang cocok menggunakan jasa ini.

  1. Jika kalian berharap artikel dari jasa tulis nangkring di urutan nomor wahid Search Engine Result Page (SERP) Google, mungkin yang kalian butuhkan bukan jasa artikel, tetapi jasa backlink media.
  2. Artikel adalah salah satu optimasi SEO, yaitu SEO onpage. Sedangkan peringkat di mesin pencari membutuhkan setidaknya optimasi SEO offpage dan SEO technical secara bersamaan.
  3. Jika kalian membutuhkan artikel berkualitas untuk website profesional, blog untuk meningkatkan user experience, atau copywriting iklan yang persuasif, maka cocok menggunakan jasa ini.

Para pembaca ulasanesia yang budiman dan suka menabung, pada akhirnya kalian dapat menyesuaikan kebutuhan apakah perlu menggunakan jasa ini atau tidak.

5. Paket Kelola Website Paling Powerful

Berdasarkan penilaian kami, paket Rp100 yang sudah include jasa kelola website, di mana freelancer akan mengerjakan artikel sekaligus posting ke dashboard merupakan yang paling powerful.

Paket ini lebih cocok untuk kalian yang memiliki website/blog sudah berjalan, punya traffic deras, atau money site yang membutuhkan konten berkualitas.

Pasalnya, freelancer juga menerapkan link building baik internal maupun eksternal (resmi). Tautan internal akan memperkuat artikel sebelumnya.

Kemudian tautan eksternal berdasarkan topik artikel, merujuk pada situs web resmi (bukan blog atau sejenisnya). Tentunya memberi power dan value untuk setiap artikel yang diterbitkan.

Tidak hanya sampai di situ, semua proses dari riset keyword, penyusunan content planner, penulisan artikel, publikasi artikel, sampai optimasi SEO onpage bisa kalian percayakan pada freelancer.

Untuk optimasi SEO onpage selain link building, juga termasuk meta img, meta tag, meta deskripsi, keyword on slug, bahkan hingga penambahan infografik seperti tabel jika memang dibutuhkan.

Definisi artikel SEO berkualitas di sini bukan semata-mata dari isi yang informatif. Tetapi juga kaya akan value dan unsur grafik. Ini untuk mengantisipasi masalah low value content saat pengajuan Google Adsense.

Kalian sebagai pemilik website/blog tersebut, tinggal duduk diam, bersantai menikmati kopi, dan kontrol analisis website. Serta website atau blog tetap berjalan ke arah yang lebih baik.

chat Masrum di Fastwork

Mengenal Platform Fastwork Lebih Jauh

Sebagai tambahan informasi, Fastwork layaknya Fiverr Indonesia, ini merupakan marketplace jual beli jasa yang aman.

Ketika kalian memesan jasa artikel SEO misalnya, uang yang kalian transfer untuk pembayaran tidak akan diterima oleh freelancer sebelum pekerjaan selesai.

Setelah freelancer mengirimkan hasil pekerjaan (selesai), uang tetap aman di pihak Fastwork, sampai kalian menekan tombol setuju.

Artinya, dengan adanya jaminan ini otomatis kalian mendapatkan hasil layanan sesuai dengan detail penawaran dari freelancer.

Di Fastwork ada banyak jasa lain, meliputi beberapa kategori berikut:

1. Desain Grafis

Kategori desain grafis di dalamnya mencangkup jasa desain logo, desain web, banner, desain furniture, infografis, edit gambar, CAD drawing, presentasi, portfolio & resume, 3D & perspektif.

Selain itu masih ada jasa UI UX design, digital printing, desain case, label kemasan produk, ilustrasi, hingga desain kaus.

2. Penulisan dan Terjemahan

Kategori ini mencangkup jasa penerjemah, penulisan konten artikel, proofreading, pengetikan, entri data, caption media sosial, dan jasa lainnya yang masih berkaitan dengan penulisan.

3. Web dan Pemrograman

Kategori web dan pemrograman mencangkup jasa web development, aplikasi ponsel dan desktop, technical support, pembuatan gim, serta elektronik dan robotik.

4. Visual Audio

Kategori visual audio mencangkup jasa fotografi, video editing, produksi video, 3D animasi, sound effects, dubbing voice over, subtitle, dan motion graphics.

5. Pemasaran

Kategori pemasaran dan iklan di dalamnya ada jasa blogger (placement), sosmed, youtuber, digital marketing, tambah followers, review produk, riset pemasaran, update produk toko online, dan jasa SEO.

6. Jasa Konsultasi

Kategori konsultasi mencangkup jasa memulai bisnis startup, konsultasi hukum, akuntansi dan keuangan, pemasaran, branding, pengembangan diri, dan jasa analisis data.

7. Gaya Hidup

Kategori terakhir adalah gaya hidup, di dalamnya mencangkup jasa kursus online, gaming, membuat kartu ucapan, travelling, dan pembayaran online.

Perusahaan Fastwork Technologies Co., Ltd. Ini didirikan pada 2016 lalu. Hingga kini sudah ada ribuan freelancer yang terdaftar dengan layanan jasa masing-masing.

cek kategori Fastwork

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami sangat puas menggunakan jasa tulis artikel di Fastwork. Pasalnya, melihat di zaman sekarang dengan dominasi AI yang masif, masih ada penulis artikel yang konsisten dengan 100% manual.

Itulah mengapa kami tekankan bahwa:

"Artikel untuk manusia harus ditulis oleh manusia

Kami mendapat layanan yang cepat dan profesional, hasil pengerjaan bahkan melebihi harapan kami, terutama pada sisi optimasi SEO onpage.

Hanya saja bagi tim ulasanesia yang masih kecil, paket harga kami rasa terlalu tinggi. Meski begitu hasilnya benar-benar memuaskan.

Tetapi untuk menggunakan jasa ini satu bulan sekali atau dua kali, masih sangat oke. Kami juga berencana untuk memesan artikel dengan kualitas seperti lagi ke depannya.

Sekian ulasan tentang penggunaan jasa artikel SEO enak dibaca oleh freelancer Masrum di Fastwork. Setelah membaca ini, kalian berminat memesan jasa atau menawarkan jasa (menjadi freelancer)?

Baru Lama
2 Comments
  • Anonim
    Anonim Kamis, 28 Desember, 2023

    Keren bang 👍

    • Tim Ulasanesia
      Tim Ulasanesia Jumat, 29 Desember, 2023

      Yang jasanya mau dipromosikan bisa langsung chat aja ya!

Komentari
comment url