Rekomendasi Extension Chrome Lengkap dan Fungsinya

terakhir kali kami update Jan 30, 2024

Rekomendasi extension Chrome berikut ini sangat cocok untuk kalian yang lebih banyak menghabiskan waktu di browser. Terlebih untuk meningkatkan fleksibilitas, kemudahan, dan efisiensi dalam produktivitas.

Secara sederhana, extension Chrome adalah program tambahan untuk memberi fungsi tertentu layaknya sebuah aplikasi. Sehingga, kalian bisa menambahkan program ini saat menggunakan browser Google Chrome.

Melalui laman resminya, Chrome Web Store, kalian bisa menemukan berbagai jenis extensi Chrome yang fungsional berdasarkan kategori masing-masing. Misalnya, extensi favorit tahun ini.

Atau kategori lain seperti extension rekomendasi editor, kompatibel dengan Gmail, rekam layar, alat kerja, developer tools, komunikasi, pendidikan, hiburan, bahkan extension yang sudah terintegrasi dengan Artificial Intelligence (AI).

Tidak semua orang membutuhkan extension yang sama, tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Pada kesempatan ini, tim ulasanesia akan memberi beberapa rekomendasi extension Chrome secara umum.

Rekomendasi Extension Chrome yang Wajib

Rekomendasi extensi Chrome di bawah ini layaknya aplikasi bawaan Android. Di mana kalian membutuhkannya untuk kemudahan dasar saat berselancar di internet dengan browser Google Chrome.

Kabar baiknya, kami sudah memilihkan extension populer yang pastinya gratis saat pemasangan.

1. AdBlock

Rekomendasi extension chrome, AdBlock

Singkatnya, AdBlock adalah rekomendasi extension Chrome untuk memblokir iklan, baik di situs web maupun Youtube. Hal ini tentu dapat memberi kenyamanan dan kemudahan terlebih saat membaca berita penting.

Mengingat media pemberitaan daring di negeri ini seolah, tidak menampilkan informasi tetapi menampilkan iklan. AdBlock menjadi solusinya yang menurut kami cocok untuk kalian yang menghabiskan banyak waktu di Google Chrome.

Sayangnya, semua extension tersebut tidak bisa dipasang di perangkat mobile. Jadi extension Chrome hanya khusus untuk browser Google versi desktop saja.

Lantas, bagaimana jika situs web memasang plugin atau script anti AdBlock? Saran kami, sebaiknya tinggalkan saja. Kemudian cari informasi dari situs web lainnya.

2. Mobile Simulator

Rekomendasi extension chrome, Mobile Simulator

Sesuai dengan namanya, fungsi utama extension Chrome ini untuk mensimulasikan tampilan seolah-olah perangkat lain. Ya, kalian masih bisa menggunakan tool generator view mobile gratis yang tersebar di internet.

Namun, dengan memasang extension artinya memberi kemudahan yang lebih terasa. Apalagi tersedia berbagai macam pilihan tampilan baik versi mobile, tablet, hingga desktop secara gratis.

Cocok untuk para blogger yang membutuhkan generate tampilan situs webnya dari perangkat lainnya. Berdasarkan laman resmi Mobile Simulator, hingga kini terdapat 52 device terbaru yang tersedia.

3. Google Terjemahan

Rekomendasi extension chrome, Terjemahan

Browser Google Chrome sebenarnya sudah memberi fitur terjemahan bawaan, yaitu berada di bagian pilihan lain (titik tiga) >> terjemahan. Namun berdasarkan pengalaman penggunaan tim ulasanesia, tidak semua situs web bisa diterjemahkan.

Solusinya apa? Ya menggunakan rekomendasi extension Chrome untuk membantu menjadi alih basa secara cepat, mudah, dan gratis. Saran kami, beri pin agar extension pilihan muncul di bar atas browser kalian.

Asyiknya, kalian bisa langsung menerjemahkan satu halaman penuh maupun pada kata-kata tertentu yang kalian pilih. Extensi ini secara otomatis memberi alih bahasa yang berbasis pada Google Terjemahan.

4. Keyword Surfer

Rekomendasi extension chrome, Keyword Surfer SEO

Sebelumnya, kami menggunakan extension Chrome yaitu Keyword Everywhere, namun entah mengapa extension tersebut menjadi eksklusif. Kemudian, kami beralih ke Keyword Surfer yang gratis dan memberi fungsi yang sama-sama powerful.

Rekomendasi extension Chrome ini memungkinkan kalian mendapatkan ide baru keyword yang lebih segar berdasarkan pencarian Google. Sangat cocok untuk kalian yang berkecimpung di dunia SEO dan blogger.

Data keyword dasar seperti volume pencarian dan persaingan juga akan tampak. Apalagi extension ini juga memberikan kepada kalian rekomendasi keyword turunan atau sinonim (LSI) dengan tampilan matrix modern.

Selanjutnya, fitur ekspor Keyword Surfer menjadi file berformat .csv, memudahkan saat kalian ingin mengambil data keyword dalam jumlah besar. Sehingga ini menjadi salah satu tool pendukung riset keyword yang gratis dan powerful.

5. SEO Minion

Rekomendasi extension chrome, SEO Minion

Bagi pelaku SEO baik off page maupun on page, tentunya tidak lagi asing dengan extension SEO Minion. Menjadi extension yang sangat populer di Google Chrome kategori alat produktivitas.

Beberapa fitur yang ada di dalam extension ini antara lain:

  1. Analisis SEO on page suatu website;
  2. Tool untuk melihat internal link dan external link secara keseluruhan dengan sekali klik;
  3. Tool untuk mengecek ada atau tidaknya broken link di situs web;
  4. Hreflang checker, untuk melihat apakah ada tag validasi yang tidak valid;
  5. Preview situs web kalian sebelum terbit, ini mirip plugin Yoast SEO ketika menampilkan tampilan SERP Preview;
  6. Google search location simulator;
  7. SERP Utilities, kalian bisa dengan mudah melakukan unduh struktur data URL website dari Google, meliputi informasi pengunjung organik, iklan, lokal, produk, video, image, berita, daftar FAQ, dan sebagainya;
  8. HTML Vs. DOM, dan sebagainya.

Melihat berbagai fitur yang luar biasa untuk analisis SEO situs web, menjadikan SEO Minion sebagai rekomendasi extension Chrome yang patut kalian pertimbangkan. Di Chrome Web Store, extension ini mendapat review sangat positif.

6. Todoist

Rekomendasi extension chrome, ToDo

Hanya menggunakan Chrome dan tidak ingin memakai aplikasi lain untuk membuat to do list? Extension Todoist bisa menjadi rekomendasi yang purna untuk kalian.

Fungsinya sederhana, namun memberi kemudahan atas apa rencana yang mau kalian lakukan hari ini. Ya, extension ini memungkinkan kalian membuat task tugas yang ingin diselesaikan hari ini.

Setelah tugas selesai, tinggal centang pada tugas tersebut tanpa mengubah konteks. Dan semua itu bisa kalian lakukan hanya di Google Chrome, tanpa perlu ganti tab atau aplikasi lainnya.

7. OneTab

Rekomendasi extension chrome, OneTab

Rekomendasi extension Chrome berikutnya adalah OneTap, yang sudah mendapat lebih dari 2 juta pemasangan aktif! Artinya apa, OneTap benar-benar membantu pengguna dalam mengalokasikan puluhan tab di dalam satu tempat!

Jika kalian membuka banyak tab Chrome, cobalah masuk ke Task Manager jika menggunakan Windows dengan menekan ctrl+shift+esc. Kalian akan melihat bahwa tab-tab Chrome tersebut memakan sangat banyak memori.

Dengan mengalokasikan puluhan tab di dalam satu tempat, dengan kata lain kalian dapat menghemat hingga 95% memori yang terpakai. Namun, untuk pengguna Chromebook tidak masalah, sih. Karena membuka puluhan tab di beberapa Chrome sekaligus tidak akan mengurangi performa.

Hanya saja, meski kalian menggunakan Chromebook, tetap bisa mempermudah saat berpindah ke tab lainnya. Tab-tab tersebut tersusun dalam bentuk daftar, di mana terdapat nama secara lengkap jadi tahu dengan presisi mau pindah ke mana.

Demikian itulah beberapa rekomendasi extension Chrome yang wajib saat ini. Kami akan update artikel ini jika di kemudian hari ada informasi baru yang lebih oke dan bagus tentang extension Chrome.

Baru Lama
1 Comments
  • Kompas
    Kompas Selasa, 30 Januari, 2024

    AdBlock sih bang yang paling wajib, nonton Youtube tanpa iklan oke banget. Lihat berita juga gak ada iklannya.

Komentari
comment url