Emplex Bahan Kue Adalah: Penjelasan dan Rekomendasi Takaran

terakhir kali kami update Jan 9, 2024

Emplex bahan kue adalah campuran tambahan yang berbentuk bubuk dan sering ibu-ibu gunakan untuk membuat kue kering maupun kue basah.

Bahan emplex berfungsi sebagai pengawet, perenyah, hingga emulsifier yang dapat membuat adonan kue tercampur rata dan lebih tahan lama.

Ternyata, emplex juga bisa membuat kue kering seperti nastar menjadi lebih renyah, lezat, dan bernilai ekonomis tinggi.

Bahan ini biasanya dicampurkan dengan tepung terigu atau tepung gandum dalam takaran tertentu. Kemudian emplex harus digunakan sesuai dengan kadar, tidak lebih dan tidak kurang, agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

Saat mencari bahan ini, pastikan sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) supaya lebih terjamin keamanannya.

Harga emplex bervariasi tergantung dari merk dan kemasannya. Ada beberapa rekomendasi merk emplex yang terkenal dan berkualitas, seperti Haan Emulplex dan Emplex Cap Onta.

Kalian bisa membeli emplex secara online atau supermarket terdekat.

Emplex Bahan Kue Adalah

Takaran Emplex Bahan Kue Adalah

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, takaran emplex yang direkomendasikan untuk membuat kue kering adalah 0,4% sampai 0,8% saja dari berat tepung yang kalian gunakan.

Sedangkan untuk kue basah, hanya 0,3% sampai 0,6% dari berat tepung. Supaya lebih aman dan terjamin, kalian bisa membaca informasi takaran pada setiap produk emplex.

Tujuannya tentu saja agar tidak memberi dampak buruk untuk kesehatan, apalagi mengkonsumsi bahan ini dalam jangka waktu lama.

Harga Emplex Bahan Kue di Pasaran

Harga emplex ekonomis berdasarkan beberapa marketplace yang populer. Tersedia ukuran mulai 50 gram, 100 gram, dan 250 gram.

Per 50 gram rata-rata berada di harga Rp 10.000, 100 gram rata-rata Rp Rp 18.000, dan 250 gram rata-rata Rp 40.000.

Tentu saja ada banyak faktor yang mempengaruhi harganya, seperti brand emplex serta kualitasnya. Sebaiknya memilih bahan yang baik untuk kesehatan walaupun harganya cenderung lebih mahal.

Sekian penjelasan singkat, bahwa emplex bahan kue adalah salah satu campuran yang masih populer hingga sekarang. Di sisi lain harus memperhatikan takaran agar tidak berdampak pada kesehatan.

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url