Chromebook Langsung Menyala Saat Dibuka, Bagaimana Cara Menonaktifkan Fitur Ini?

terakhir kali kami update Jan 22, 2024

Bagi pengguna baru, melihat chromebook langsung menyala saat dibuka menimbulkan kekhawatiran. Misalnya, apakah daya baterai perangkat nanti akan berkurang dengan sendirinya meski tidak digunakan?

Chromebook memiliki fitur tersebut, dan ternyata setelah tim ulasanesia riset di internet. Fitur langsung menyala saat chromebook dibuka itu tersedia hampir di seluruh merek chromebook.

Baik Samsung Chromebook 4 (yang ini kami gunakan), Lenovo Chromebook, hingga chromebook dari HP, Acer, maupun Dell.

Pada intinya, fitur ini memungkinkan perangkat langsung memulai otomatis, tanpa perlu pengguna menekan tombol power untuk menyalakannya.

Sebenarnya, kalian bisa melihat dari lampu indikator yang berada di bagian kanan (sebelah lubang charger untuk Samsung Chromebook 4). Di lampu indikator itu, meski perangkat mati namun indikator tetap menyala dan berkedip!

Tak khayal, jika pengguna melihat indikator itu seolah-olah memberi isyarat bahwa chromebook masih standby. Kemudian muncul pertanyaan apakah saya sudah benar saat shutdown?

Untuk menghapus kekhawatiran tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang fitur chromebook langsung menyala saat dibuka. Serta bagaimana cara mematikan/menonaktifkan fitur tersebut.

Mengapa Chromebook Langsung Menyala Saat Dibuka?

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan sebelumnya, chromebook yang langsung menyala (semula dalam keadaan shutdown), tanpa perlu menekan tombol power adalah fitur bawaan semua merek.

Lantas, apakah fitur ini memakan daya tahan baterai? Apakah sebenarnya chromebook tidak bisa shutdown dan hanya bisa sleep? Bagaimana cara menonaktifkan fitur tersebut?

Ya, fitur langsung menyala saat chromebook kalian buka memakan daya baterai yang super sedikit. Namun itu jauh dan sangat lebih hemat daripada saat layar menyala.

Meski layar menyala pun, chromebook dapat tetap beroperasi dengan lancar dengan daya baterai rata-rata lebih dari 10 jam (standby).

Dalam chromebook, terdapat fitur menyalakan dan mematikan, sehingga sebenarnya fitur menyala otomatis saat layar dibuka terpicu dari sensor di engsel.

Sensor itulah yang tetap menyala, chromebook kalian (layar, keyboard, dan sebagainya) sebenarnya sudah shutdown.

Lalu, kalau saya ingin menonaktifkan fitur langsung menyala saat layar dibuka pada chromebook, bagaimana caranya?

Tidak ada.

Ya, itu merupakan jawaban pada inti artikel ini. Kalian tidak bisa menonaktifkan fitur bawaan chromebook langsung menyala saat layar dibuka.

Itu merupakan sistem yang berjalan secara otomatis, dan setidaknya hingga artikel ini dibuat, belum ada fitur untuk menonaktifkannya.

Namun, kalian bisa mengatur daya agar tetap hemat dan efisien terutama yang berkaitan dengan engsel layar.

Masuk ke menu setelan >> perangkat >> daya >> centang mode tidur saat penutup ditutup.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, chromebook otomatis masuk ke mode sleep setelah layar langsung kalian tutup.

Chromebook Langsung Menyala Saat Dibuka, Bagaimana Cara Menonaktifkan Fitur Ini

Lalu, bagaimana cara menyalakan dan mematikan chromebook yang benar?

1. Cara Menyalakan Chromebook

Cara menyalakan chromebook cukup dengan membuka layar, kemudian menunggu sampai perangkat menyala sempurna atau menampilkan input pin/kata sandi untuk login.

Jika kalian mengalami chromebook langsung menyala saat layar dibuka, jangan khawatir maupun gusar. Sebab semua pengguna chromebook di seluruh dunia mengalami hal tersebut.

Dan sebenarnya, itu bukan suatu masalah, otomatis memulai saat membuka layar merupakan kelebihan chromebook yang berkaitan dengan efisiensi.

Toh meski langsung aktif, hal itu tidak mengurangi baterai yang signifikan. Meski kalian mendiamkan chromebook berhari-hari, baterai dalam keadaan tertutup tidak berkurang banyak.

2. Cara Mematikan Chromebook

Kemudian cara mematikan chromebook, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

Pertama, dengan menekan tombol power selama dua detik, pilih matikan, enter/klik.

Kedua, dengan membuka panel kontrol daya di bagian pojok kanan bawah, pilih icon shutdown, kemudian matikan.

Cara mematikan chromebook

Proses booting chromebook sangatlah cepat. Ini jauh lebih cepat daripada laptop Windows secara umum.

Jika kalian mengalami kendala yang tidak umum, dapat menulis kasusnya secara rinci di kolom komentar. Mari kita berdiskusi!

Demikian informasi bagaimana cara menonaktifkan fitur chromebook langsung menyala saat dibuka. Serta panduan menyalakan dan mematikan chromebook sesuai standar.

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url