Cara Memilih Tema WordPres Premium Paling Sesuai

terakhir kali kami update Jan 4, 2024

Membutuhkan beberapa perhatian tentang cara memilih tema WordPress terutama untuk toko online. Pasalnya, tema adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi tampilan sekaligus fungsi website kalian.

Jika di platform Blogger disebut sebagai template, maka untuk CMS WordPress lebih familiar dengan tema/theme.

Ada banyak sekali pilihan tema WordPress yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Keuntungan menggunakan tema berbayar misalnya memperoleh support, update, dan dukungan fitur maksimal.

Sedangkan untuk tema gratis, keuntungannya tersedia ribuan di library WordPress, tetapi tidak semuanya bisa custom credit footer.

Cara Memilih Tema WordPress Terbaik

Agar tepat saat memilih tema WordPress yang terbaik, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan, meliputi:

Cara Memilih Tema WordPres Premium Paling Sesuai

1. Kesesuaian Tema dengan Website

Hal pertama sebagai cara memilih tema WordPress adalah sesuaikan dengan tujuan dan konten website kalian.

Pilih tema yang sesuai dengan niche, genre, atau topik website, misalnya untuk website berita, lebih cocok memilih tema yang menonjolkan teks dan memiliki tata letak yang jelas.

Kalau kalian membuat website portofolio atau fotografi, pilihlah tema yang menampilkan gambar dengan baik.

Begitu pula saat memilih tema WordPress untuk toko online, ada beberapa rekomendasi seperti tema Saudagar WP yang sudah teruji powerful.

2. Tema WordPress Kecepatan 100

Selanjutnya, penting untuk memperhatikan kecepatan loading dan performa tema. Tema yang terlalu berat atau memiliki banyak fitur yang tidak perlu dapat memperlambat website kalian serta mengurangi pengalaman pengguna (user experience).

Coba gunakan alat seperti pengecekan seperti halnya Google PageSpeed Insights, Gtmetrix, atau tool serupa untuk menguji kecepatan loading tema kalian.

3. Tema WordPress Responsif dan Mobile Friendly

Pastikan tema sudah responsif dan mobile friendly, kedua hal ini disukai oleh mesin pencari. Tema yang responsive adalah tema yang dapat menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar perangkat pengguna.

Sedangkan tema yang mobile friendly adalah tema yang dapat menampilkan dengan baik semua visual di perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet.

Kedua hal ini penting untuk memastikan website kalian dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai perangkat secara keseluruhan.

4. Cara Memilih Tema WordPress SEO Friendly

Selain itu, pastikan tema WordPress kalian sudah optimal dalam hal SEO. Sehingga tema mendukung upaya optimasi website kalian supaya memperoleh posisi dan gampang ditemukan oleh mesin pencari.

Tema WordPress yang SEO friendly biasanya memiliki struktur kode rapi, tata letak logis, serta fitur yang membantu SEO, seperti breadcrumb, schema markup, atau lainnya.

5. Kompatibilitas Tema dengan Plugin WordPress

Plugin adalah perangkat lunak tambahan yang dapat menambah atau mengubah fungsi website kalian sesuai keinginan, ini merupakan kelebihan WordPress daripada platform Blogger

Tema yang kalian pilih harus kompatibel dengan plugin yang kalian pakai atau rencanakan. Selain itu, tema juga mesti kompatibel dengan browser populer, seperti Chrome, Firefox, Safari, dan Edge.

6. Jangan Tergiur Tema Bajakan

Hindari tema abal-abal atau bajakan! Tema bajakan justru sangat berbahaya karena membuka celah untuk hacker membobol website kalian, mengirim malware, atau tujuan lainnya.

Tema seperti ini sangat tidak aman, tidak terjamin, dan tidak memperoleh dukungan atau pembaruan dari pembuat aslinya.

Selalu gunakan tema dari sumber yang terpercaya, seperti Generatepress, Divi, atau Saudagar WP untuk toko online.

Sekian cara memilih tema WordPres premium paling sesuai dengan kebutuhan website kalian masing-masing. Di sisi lain, kalian juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan lisensi lifetime (sekali bayar).

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url