Cara Memilih Flashdisk Bagus, Awet, dan Oke Banget

terakhir kali kami update Jan 27, 2024

Cara memilih flashdisk seolah hal yang remeh. Padahal, flashdisk yang notabene merupakan media penyimpanan, haruslah bagus, awet, dan oke banget.

Pasalnya, flashdisk bertanggung jawab pada keamanan data-data yang kalian simpan. Tentunya tidak ingin terjadi hal-hal buruk, misalnya kehilangan data, corrupt, maupun error, kan?

Guna memperjelas bagaimana cara memilih flashdisk yang bagus, tim ulasanesia sudah merangkum berdasarkan pengalaman selama ini.

8 Cara Memilih Flashdisk yang Bagus dan Awet

Jika berbicara flashdisk yang bagus, kira-kira merek apa yang terbesit di ingatan kalian? Apakah itu merek flashdisk SanDisk, Kingston, Toshiba, Corsair, Transcend, AData, HP, Lexar, atau yang lainnya?

Ya, masing-masing merek flashdisk memiliki keunggulan tersendiri. Guna memilih yang bagus dan awet, berikut merupakan beberapa hal yang sebaiknya kalian pertimbangkan.

Cara Memilih Flashdisk Bagus, Awet, dan Oke Banget

1. Mengetahui Kebutuhan Media Penyimpanan Flashdisk

Hal pertama dalam cara memilih flashdisk adalah mengetahui sebenarnya berapa kebutuhan kapasitas penyimpanan yang kalian perlukan.

Di zaman sekarang, rata-rata kapasitas penyimpanan flashdisk paling kecil adalah 4 GB. Sedangkan kapasitas maksimal flashdisk bisa mencapai 2 TB (Terabyte).

Kalian tidak salah dengar, beberapa merek seperti Kingston memiliki produk flashdisk dengan penyimpanan hingga 2 TB.

Namun bagaimana pun, jika penyimpanan yang kalian butuhkan lebih dari 1 TB, alih-alih menggunakan flashdisk, kalian bisa mempertimbangkan pakai SSD eksternal walaupun harganya lebih mahal.

2. Merek Flashdisk Terbaik, Semakin Dikenal Berkualitas Semakin Bagus

Lagi-lagi, merek flashdisk menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting. Bahkan, bagi orang yang tidak tahu flashdisk yang bagus, kalau familiar dengan sebuah merek kemungkinan besar akan menjatuhkan pilihan padanya.

Mengapa sih mempertimbangkan merek penting? Sebuah merek flashdisk apalagi yang sudah dikenal dan cukup besar, tentunya akan mempertahankan kualitas setiap produknya.

Artinya, kalau ada produk yang tidak bagus, cacat produksi, error, atau kendala yang lainnya. Maka nama besar merek itu akan tercoreng.

Oleh karenanya, perangkat elektronik yang berasal dari brand besar, harganya cenderung lebih mahal. Mereka tidak hanya menjaga kualitas produk, tetapi juga menjaga nama baik mereknya.

Kalian bisa mempertimbangkan untuk memilih flashdisk dari merek-merek di bawah ini:

  1. SanDisk;
  2. Kingston;
  3. Toshiba;
  4. Corsair;
  5. Transcend;
  6. AData;
  7. HP;
  8. Lexar;
  9. Acome;
  10. Robot, dan sebagainya.

Pada kesempatan sebelumnya, kami sudah memberi review flashdisk SanDisk Ultra Curve secara detail. Kalian bisa melihat review tersebut lebih dulu sebagai perbandingan.

Berdasarkan daftar di atas, cukup sulit memberi rekomendasi apa merek flashdisk terbaik. Pasalnya, setiap merek memiliki tipe atau seri masing-masing.

Pada satu merek, ada flashdisk seri ekonomis, lebih mengutamakan harga murah namun kualitas biasa-biasa saja. Ada seri unggul, di mana kualitas sebanding dengan harganya yang lebih tinggi.

3. Cara Memilih Flashdisk yang Bagus Berdasarkan Casing

Pertimbangan berikutnya berkaitan dengan build quality yaitu casing. Menurut kami, casing yang terbuat dari bahan plastik keras memiliki keunggulan tidak cepat panas daripada flashdisk dengan casing stainless steel.

Casing flashdisk ini berdasarkan preferensi masing-masing. Namun kami pernah menggunakan flashdisk dengan casing stainless steel untuk menyalin data sekitar 20 GB, dan kalian tahu apa yang kami rasakan?

Saat kami memegang ujung body flashdisk rasanya panas menyengat. Bahkan ujung USB A flashdisk bisa melelehkan bulu halus.

Sedangkan flashdisk dengan casing plastik keras (atom), ternyata lebih tahan panas. Meski kami gunakan untuk memindahkan berkas dengan ukuran lebih dari 80 GB.

Kalau kalian memiliki preferensi casing flashdisk yang bagus lainnya, bisa berdiskusi di kolom komentar, ya!

4. Kecepatan Transfer Data Flashdisk yang Bagus

Flashdisk yang punya kecepatan transfer sangat besar, tentu membutuhkan daya yang semakin besar pula.

Berbicara tentang kecepatan transfer, berapa sih yang bagus untuk media penyimpanan seperti flashdisk?

  1. Flashdisk 2.0 rata-rata memiliki kecepatan transfer 14 Mbps sampai 35 Mbps;
  2. Flashdisk 3.0 rata-rata memiliki kecepatan transfer 100 Mbps;
  3. Berdasarkan informasi di laman Kingston Indonesia, flashdisk 3.1 Gen 1 rata-rata memiliki kecepatan transfer 5 Gbps;
  4. Flashdisk 3.1 Gen 2 rata-rata memiliki kecepatan transfer 10 Gbps;
  5. Flashdisk 3.2 rata-rata memiliki kecepatan 20 Gbps.

Perihal kecepatan, tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apakah membutuhkan flashdisk yang sangat kencang atau biasa-biasa saja.

Sebab, kecepatan dan versi flashdisk, misalnya flashdisk USB A, USB C, atau Micro USB sebagai antarmuka memiliki harga yang berbeda-beda.

Memiliki flashdisk USB 3.1, tetapi laptop atau komputer hanya mendukung USB 2.0, tetap saja kecepatannya mentok hanya di rata-rata flashdisk 2.0.

Maka dari itulah dalam hal kecepatan ini, cara memilih flashdisk yang bagus adalah berdasarkan preferensi serta kebutuhan kalian. Sesuaikan juga dengan jenis perangkat yang biasanya kalian pakai.

5. Harga, Pertimbangan Penting Memilih Flashdisk

Harga flashdisk dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya merek, kapasitas, kecepatan, keamanan, serta garansi. Opsi mudah dan paling aman adalah semakin mahal harga flashdisk, maka kualitasnya semakin terjamin.

Namun, bukan berarti perangkat flashdisk murah tidak memiliki kualitas yang bagus. Tinggal bagaimana kalian memberi standar saat memilih flashdisk terbaik.

Perhatikan bahwa harga murah yang masih wajar, tentu tetap bisa menjadi pilihan. Kalian harus menghindari harga yang terlalu murah, apalagi kalau berbelanja di marketplace atau toko online.

Misalnya, kalian mau membelai SanDisk Ultra Curve baru dengan kapasitas 512 GB di harga 20k. Itu benar-benar tidak wajar, dan alangkah bijak tidak tergiur.

Rata-rata flashdisk 3.1 kapasitas 512 GB berada di harga 500k sampai 900k. Kalau ada yang menawarkan harga di bawah 50k, patut kalian curigai.

Alih-alih mendapatkan flashdisk original 100%, mungin yang kalian dapatkan adalah MicroSD bekas kapasitas 2 GB yang seolah-olah berbentuk flashdisk.

Hati-hati dalam memilih produk elektronik sangat penting agar tidak terjadi salah beli dan kena tipu. Kami lebih menyarankan untuk membeli dari toko official langsung.

6. Cara Memilih Flashdisk yang Awet Berdasarkan Tempat Beli

Cara paling aman mendapatkan flashdisk original 100% adalah di official store marketplace brand itu sendiri. Pada poin keenam ini, tentunya kalian sudah membaca poin sebelumnya, di mana memilih merek flashdisk harus kalian pertimbangkan di awal.

Dengan menentukan pilihan pada salah satu atau salah dua merek, kalian menjadi lebih mudah menentukan tempat membelinya. Cukup mencari di marketplace favorit kalian toko official dari merek tersebut.

Selain toko official, penjual yang sudah terverifikasi dan mendapatkan review positif tetap bisa kalian pilih. Ya, review flashdisk dari pembeli sebelumnya memang sangat membantu.

Kebanyakan pembeli apalagi di toko online, akan merasakan ragu-ragu saat mau beli produk tanpa adanya review atau produk terjual.

Dari review tersebut kalian juga dapat mengambil penilaian, kira-kira apakah flashdisk tersebut awet, bagus, dan oke atau tidak. Serta kira-kira apa saja kendala yang sering terjadi dari penggunaan flashdisk itu.

7. Garansi Resmi Flashdisk

Tidak banyak yang menyarankan agar memperhatikan ada atau tidaknya garansi saat membeli flashdisk. Padahal, garansi sangatlah penting, terutama untuk memastikan kelayakan serta kualitas jangka panjang.

Sebuah brand yang berani memberi garansi hingga 5 tahun, mereka merasa percaya diri bahwa produknya benar-benar oke banget. Artinya, kalian sebagai pembeli tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada flashdisk.

Cari tahu juga bagaimana cara klaim garansi, apalagi untuk brand yang berasal dari luar negeri. Apakah brand tersebut memiliki distributor resmi di Indonesia atau tidak.

Jika di keterangan produk ada garansi, tetapi ternyata kalian tidak bisa melakukan klaim, kasarnya itu sama dengan tidak ada garansi. Keterangan ada garansi sekaligus kemudahan klaim dua hal yang perlu kalian pastikan.

8. Cara Memilih Flashdisk yang Oke Banget dari Fiturnya

Apakah kalian tahu bahwa flashdisk di zaman sekarang sudah memiliki fitur berupa sistem keamanan?

Ya, ada flashdisk yang punya sistem keamanan biometrik, sehingga pengguna saat mau mengakses data di dalamnya harus memasukkan sidik jari. Misalnya flashdisk Lexar yang punya fingerprint.

Fitur lainnya seperti recovery data kalau sewaktu-waktu kalian tidak sengaja menghapus berkas penting. Seperti software bawaan flashdisk SanDisk.

Atau fitur seperti anti air (waterproof), data tetap aman walaupun flashdisk tidak sengaja kehujanan atau tenggelam ke air.

Setidaknya, itulah 8 cara memilih flashdisk yang bagus dan awet. Meluangkan waktu dalam memilih flashdisk terbaik dan cocok untuk kalian jauh lebih baik daripada menyesal nantinya. Semoga membantu, ya!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url