3 Rekomendasi Text to Speech Little Joni Bahasa Indonesia

terakhir kali kami update Des 31, 2023

Siapa nih yang sering melihat Youtube Short atau Facebook Short Little Joni? Kira-kira apa text to speech yang mereka gunakan untuk membuat suara?

Tim ulasanesia memahami apa yang sedang kalian cari. Jika ingin membuat video short lucu dan mengesankan di bagian akhir, maka perlu beberapa tool penunjang.

Little Joni sebenarnya adalah video lucu yang masuk kategori anekdot dan populer di luar negeri sebagai Little Jhonny.

Anekdot adalah cerita singkat (biasanya kurang dari 200 kata), yang lucu dan mengesankan. Anekdot tidak lepas dari kehidupan sehari-hari, dan terdapat sesuatu yang mengejutkan di bagian akhir cerita.

Sesuatu itulah yang membuat sebuah anekdot menjadi terkesan luar biasa. Salah satunya penulis anekdot yang terkenal adalah seorang filsuf bernama Nasruddin Hoja.

Rekomendasi Text to Speech Little Joni bahasa Indonesia

Rekomendasi Text to Speech Little Joni bahasa Indonesia

Text to speech adalah generator kata-kata menjadi suara, permasalahan utama menggunakan tool ini adalah apakah suara yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan intonasi bahasa Indonesia atau tidak.

Sebagaimana kita semua pahami, text to speech Little Joni menggunakan teknologi robot (dan mungkin AI) untuk generate audio.

Sehingga tidak jarang intonasi kesal, marah, senang, atau emosi yang lainnya hanya terdengar seperti kata-kata datar semata.

Kalian dapat mencoba beberapa tool yang sudah tim ulasanesia coba berikut ini. Bisa menirukan intonasi persis seperti dalam Youtube Short maupun Facebook Short Little Jhonny.

1. Elevanlabs io

text to speech little joni elevenlabs io

Elevanlabs adalah text to speech premium yang bisa generate berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia lengkap dengan intonasi emosi natural.

Sebenarnya kalian juga bisa mendapatkan paket elevenlabs gratis lifetime, namun hanya memiliki kuota 10.000 karakter per bulan.

Jadi selama satu bulan, kalau kuota tersebut sudah terpenuhi, maka kalian tidak bisa menggunakannya sebelum ganti bulan.

Nah, jika kalian merasa jumlah tersebut “cukup” untuk kebutuhan, maka elevenlabs io menjadi text to speech Little Joni yang gratis selamanya.

Cara menggunakan tool ini sangat gampang, kalian hanya perlu masuk ke menu Speech Synthesis >> Text to Speech >> memilih narator >> pilih Eleven Multilingual V2 untuk bahasa Indonesia >> paste text kalian >> klik generate.

Hasilnya bisa kalian coba dengarkan terlebih dulu, kalau sudah oke, klik ikon di sisi kanan bawah untuk menyimpan dalam bentuk mp3.

2. Prosa ai

text to speech little joni prosa ai

Rekomendasi text to speech Little Joni berikutnya adalah prosa ai, yang sama-sama mampu memberi tekanan intonasi pada emosi bahasa Indonesia.

Sebelum menggunakan tool ini, sangat penting kalian pahami bahwa terdapat hak penggunaan personal dan komersial.

Jika elevenlabs membebaskan penggunaan generate teks ke suara secara bebas tanpa perlu menyertakan merek elevenlabs. Berbeda halnya dengan prosa ai.

Khusus untuk paket free dan newbie, kalian wajib menambahkan informasi bahwa suara tersebut dibuat menggunakan tool prosa ai.

informasi hak personal dan komersial penggunaan prosa ai
Keterangan penggunaan untuk paket free dan newbie

Sedangkan untuk paket basic dan creator, bebas penggunaan komersial tanpa perlu menyertakan tts.prosa.ai.

informasi hak personal dan komersial penggunaan prosa ai 2
Keterangan penggunaan untuk paket basic dan creator

Untuk hasil generate teks ke suara/audio dari prosa ai, kalian dapat mencoba gratis terlebih dulu. Hasilnya cukup mengesankan dan natural, di mana emosi suara terasa dari intonasi bicara.

3. TTSMaker

text to speech little joni TTSMaker bahasa Indonesia

Jika kedua tool sebelumnya, elevenlabs dan prosa ai membutuhkan login bahkan berlangganan. Maka berbeda halnya dengan TTSMaker ini.

TTSMaker adalah text to speech bahasa Indonesia gratis sekaligus menawarkan kualitas suara dengan intonasi yang masih berkualitas.

Kalian dapat menggunakan tool ini tanpa perlu login sama sekali, tidak membutuhkan kartu kredit dan biaya berlangganan, dan tidak ada batasan dalam penggunaan!

Kekurangannya apa? Tim ulasanesia nyaris tidak bisa menemukan kekurangan apapun dari TTSMaker karena semua tool di sana bisa digunakan secara bebas dan gratis sepenuhnya.

Apa yang bisa kita permasalahkan dari sesuatu yang gratis? Terlebih hasil audio juga sangat oke dengan intonasi emosi yang terbaca jelas.

Kalian akan mendapat setidaknya 4 pilihan suara, di mana masing-masing suara tersebut masih bisa kalian custom untuk menghasilkan intonasi paling sesuai dengan keinginan!

Kesimpulan Text to Speech Little Joni Bahasa Indonesia

Berdasarkan pengalaman penggunaan dan fitur yang ada. Kami lebih menyarankan menggunakan TTSMaker gratis jika ada keterbatasan budget.

Namun kalau ingin menggunakan versi premium dengan pemilihan voice over beragam, pilih prosa ai paket basic atau creator.

Prosa ai punya sistem pembayaran yang lebih mudah daripada elevenlabs.

Atau bisa memilih berlangganan pada elevenlabs io, tetapi harus menggunakan metode pembayaran pakai kartu kredit.

Cara Membuat Video Little Joni Bahasa Indonesia Selain Text to Speech

Selain tool text to speech di atas, untuk membuat sebuah video Little Jhonny perlu beberapa tool lainnya. Kabar baiknya akan kami berikan semua rahasia para content creator tersebut di sini!

1. AI Generate Image

Kalian membutuhkan AI untuk generate gambar yang realistis dan resolusi HD. Ada banyak sekali yang bisa kalian pakai, misalnya Bing AI Image, Leonardo AI, Dall-e, dan sebagainya.

Saran tim ulasanesia pakai saja Leonardo AI karena gratis selamanya! Per hari, kalian mendapatkan 150 kuota untuk generate gambar, dan kuota tersebut akan kembali reset ke 150 di hari berikutnya.

2. Video Satisfying

Jika tidak menggunakan gambar, kamu bisa memakai video satisfying bebas copyright.

Untuk hal ini, dapat berlangganan pada penyedia video seperti shutterstock, atau memilih gratis di pixabay.

Mengkombinasikan antara video dengan gambar bukan ide buruk. Kalian bisa menggunakan video sebagai latar belakang, dan gambar sebagai tambahan visual menarik!

3. Editing Video

Selanjutnya yang kalian butuhkan adalah tool editing video baik di smartphone maupun PC. Saran tim ulasanesia menggunakan Capcut.

Capcut adalah editing video gratis dengan fitur yang terlampau powerful. Salah satu fitur yang digunakan untuk membuat video Little Joni adalah auto transkrip atau auto caption.

Artinya, kalian tidak perlu menulis satu per satu teks yang sudah generate melalui text to speech Little Joni di atas. Cukup satu kali klik dan caption akan generate otomatis seluruhnya.

Selanjutnya, kalian edit caption tersebut supaya lebih menarik. Jangan lupa centang terapkan untuk semua agar hasil editan berlaku untuk semua caption.

Semua tool untuk membuat Youtube Short atau Facebook Short pakai AI sudah sangat lengkap, alurnya jelas, dan potensi mendapat penghasilan dari Adsense.

Masalah utama adalah apakah kalian mampu konsisten? Itulah yang perlu kalian pertimbangkan di awal.

Sekian rekomendasi text to speech Little Joni bahasa Indonesia, serta alur membuat video pendek pakai AI. Semoga membantu, ya!

Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url