Tentang Adakami, Jangan Pernah Klik Iklan Pinjaman Online Ini!

terakhir kali kami update Mei 16, 2024

Pinjaman online (pinjol) kerap dianggap sebagai solusi yang cepat dan mudah. Padahal, dana darurat yang kalian pinjam akan beranak pinak untuk dikembalikan.

Percayalah, banyak kasus orang mengakhiri hidupnya hanya karena jumlah pengembalian pinjaman lebih besar berkali-kali lipat daripada jumlah yang dipinjam.

Jika hanya untuk gaya hidup (keinginan), dan sama sekali bukan kebutuhan yang mendesak, sebaiknya tidak menggunakan pinjol!

Salah satu tim ulasanesia tengah mencari referensi di internet tentang berbagai macam pinjol, dengan mengetik kata kunci “pinjaman 10 juta”.

Pada page one di Search Engine Result Page (SERP), tampak label “Bersponsor” dari Adakami, judulnya:

“Bunga AdaKami cuman 0,03% | Bunga 0,03%, cicilan 12 bulan”

Hasil iklan Adakami, tangkapan layar 16 Mei 2024, 14:10

Dan pada saat artikel ini ditulis dan diterbitkan pada 16 Mei 2024, iklan tersebut masih ada di Google.

Adakami, Pinjol yang Memasang Iklan Tidak Transparan

Kami sama sekali bukan bertujuan untuk melakukan pendaftaran akun Adakami, apalagi mengajukan pinjaman.

Kiranya, kami sekadar “iseng” dan ingin tahu berapa perolehan limit di awal untuk nomor telepon yang sama sekali belum melakukan pinjaman.

Halaman iklan Adakami membubuhkan tombol “Cek Limit Pinjaman Anda”. 

Tombol di dalam halaman iklan Adakami versi tablet, tangkapan layar 16 Mei 2024, 14:11

Kami spontan berpikir, ini layaknya sebuah kalkulator perkiraan perolehan limit pinjaman.

Berangkat dari anggapan di atas, kami masukkan nomor telepon. Tidak berselang lama kami mendapatkan pesan singkat (SMS) yang berisi enam digit kode.

Lantas, kami segera masukkan kode tersebut ke isian yang tersedia di halaman iklan.

Satu hal yang membuat kami curiga adalah notifikasi pemberitahuan yang muncul bukan menunjukkan “Limit pinjaman Anda adalah…” melainkan sebuah ucapan selamat karena berhasil melakukan registrasi di Adakami.

Apa?!

Tetapi, pada bagian bawah tombol kan ada informasi “Isi nomor HP untuk mendaftar”, ya, memang, namun informasi itu tidak tampak jika kalian mengakses iklan dalam mobile view.

Tombol di dalam halaman iklan Adakami versi mobile, tangkapan layar 16 Mei 2024, 14:12

Pinjol Adakami Selanjutnya Melakukan Apa?

Setelah mendapat notifikasi mengagetkan bahwa nomor telepon yang kami masukkan sudah berhasil diregistrasi. Laman iklan mengarahkan untuk mengunduh aplikasi Adakami.

Sontak, kami langsung menutup tab peramban.

Apakah usaha Adakami sudah berakhir?

Sama sekali belum! Sekira 30 menit setelah kecelakaan memasukkan nomor telepon di laman iklan pinjol Adakami, kami mendapatkan beberapa miscall dari nomor tidak dikenal sekaligus pesan WhatsApp dari akun centang hijau Adakami.

Pesan itu mengatakan: “Pengguna yang terhormat, selamat datang di AdaKami. Sekarang Anda akan menerima notifikasi melalui WhatsApp. Sepertinya masalah Anda sebelumnya belum terselesaikan, saya akan melanjutkan melayani Anda. Apakah ada yang bisa saya bantu?”

Kami yang sudah kepalang merasa tertipu bertanya: “Masalah apaan?”


Sebagai disklaimer, tim ulasanesia juga merupakan manusia biasa yang bisa marah. Sehingga, harap maklum. Tim kami spontan melontarkan umpatan.

Dan beberapa waktu kemudian kami menyadari bahwa yang mengirim dan membalas pesan adalah robot (bukan customer manusia).

Kesimpulan

Singkat saja: jangan pernah klik iklan pinjaman online di internet maupun media sosial, apalagi dari aplikasi Adakami.

Selain itu, setiap pengguna internet harus memasang kewaspadaan. Apa yang tim kami lakukan adalah sebuah kecerobohan, karena semudah itu memasukkan nomor telepon pada formulir isian halaman iklan aplikasi pinjol.

Dikira hanya cek limit yang mungkin diperoleh, ternyata malah terjerumus dan diregistrasi otomatis sebagai pengguna baru pinjol.

Lama
Komentar
Komentari
comment url