Review Lenovo Flex 3 Chromebook, Apakah Sesuai Ekspektasi?

terakhir kali kami update Des 29, 2023

Review Lenovo Flex 3 Chromebook, ini adalah laptop premium yang bisa kalian andalkan untuk bekerja atau belajar sepanjang hari dengan harga di bawah Rp 5 juta.

Meskipun spesifikasinya sudah tidak terlalu baru, layar sentuh QLED yang cantik dan speaker yang cukup bagus membuatnya terasa mewah.

Jika kalian mendapatkan warna Fiesta Red, menurut kami tentu saja itu lebih baik. Lenovo terkenal dengan laptop yang oke namun harga tetap affordable.

Review Lenovo Flex 3 Chromebook Berdasarkan Faktor Penting

Kalian dapat memperoleh laptop yang lebih baru pada Lenovo Flex 5, baik untuk ukuran 11 inci, 14 inci, maupun yang versi 15 inci.

Melalui laman resmi Lenovo, Flex 3 masuk ke dalam keluarga IdeaPad, yang diklaim oleh mereka bahwa booting dan koneksi internet seperti kilat.

Sebagaimana kita tahu, chromebook menggunakan ChromeOS yang “ramah” pada perangkat spesifikasi sangat rendah.

Secara keseluruhan berikut ini review Lenovo IdeaPad Flex 3 dari beberapa sektor pentingnya.

Review Lenovo Flex 3 Chromebook N-100

1. Desain Lenovo Flex 3 Chromebook

Tidak seperti model sebelumnya yang menggunakan layar 11,6 inci, Lenovo Flex 3 Chromebook 2023 (terbaru saat ini untuk tipe Flex 3) memiliki layar 12,2 inci.

Selain dari sisi desain layar yang sedikit lebih lebar, tentunya sudah menggunakan model Flex. Sehingga kalian bisa melipatnya sampai 360 derajat!

Layar yang lebih besar memberikan ruang lebih untuk keyboard dan trackpad, meskipun trackpadnya bisa lebih besar.

Masih soal desain, bezelnya agak besar untuk laptop ini, namun tidak terlalu mengganggu untuk kelas laptop murah apalagi kategori chromebook.

Ya, seperti yang kalian harapkan di kisaran harga ini, casingnya terbuat dari plastik, kita cukup sadar untuk tidak berharap sesuatu di luar nalar seperti casing alumunium.

Namun hal itu justru membuat bobotnya ringan. Laptop kecil ini hanya meiliki berat  1,25 kg, mudah kalian bawa di ransel.

Warna laptop ada lapisan khusus yang memberikan pegangan lebih nyaman di bagian kiri panel belakang.

Pilihan portnya juga tidak terlalu buruk untuk jenis pasar laptop mid-range ini. Di kedua sisi ada port USB Type-A, sementara di sisi kanan ada port HDMI juga.

Slot microSD dan headphone jack ada di sisi kiri. Namun sayangnya, di perangkat ini hanya ada satu port USB Type-C.

Kami sebenarnya lebih suka mengganti satu port Type-A dengan port Type-C. Mengapa? Karena jika kalian mengisi daya Lenovo Flex 3 Chromebook, kalian bisa menggunakan port Type-C itu.

Kemungkinan besar proses pengisian daya lebih cepat dan charger tidak terlalu besar. Ini bukan masalah bagi pelajar atau orang yang punya anggaran terbatas untuk sebuah laptop sebenarnya.

Kami suka bahwa CPU Intel N100 tidak menggunakan kipas, jadi tidak ada suara kipas sama sekali saat review Lenovo Flex 3 chromebook, sepi dan senyap.

Dan Lenovo tidak perlu mendesain untuk port intake atau exhaust karena tanpa kipas. Hal ini juga memberikan ruang untuk speaker MaxxAudio yang menghadap ke atas di antara keyboard dan layar.

2. Spesifikasi Lenovo Flex 3 Chromebook

Seperti yang kami sebutkan, chromebook ini memiliki jeroan prosesor Intel N100. Ini adalah chipset Alder Lake-N yang terendah, karena ada N200 dan Core i3-N300 dan i3-305.

Sedangkan pada versi sebelumnya Flex 3 chromebook 11, menggunakan prosesor MediaTek MTK8173C yang memang bukan prosesor kencang-kencang amat.

Prosesor di Lenovo Flex 3 chromebook ini punya 4 core, mampu berjalan hingga up to 3,4 GHz masing-masing, serta mendukung 4 thread.

Kalau kalian ingin clock yang sedikit lebih cepat atau core yang lebih banyak, maka kalian harus naik ke salah satu chipset Intel N-series lainnya.

Namun, tidak ada yang mendukung multi-threading karena ini: satu thread per core di seluruh lini.

Jelas, kami tidak mengharapkan chromebook ini bisa bersaing dengan chipset Core non-N atau laptop spesifikasi menengah lainnya.

Namun, setelah beberapa jam penggunaan, kami tidak merasakan pengalaman yang sangat lambat. Justru performa pakai sistem operasi ChromeOS sangat mengesankan!

Mengingat prosesor ini hanya menggunakan daya maksimal 6W, daya tahan baterainya harus cukup untuk satu hari tanpa perlu bolak-balik charger!

3. Ketersediaan Produk Lenovo IdeaPad Flex 3 Chromebook di Indonesia

Lenovo Flex 3 Chromebook N4020
Lenovo Flex 3 chromebook generasi sebelumnya pakai N4020 bezel lebih tebal

Sayangnya, untuk versi review Lenovo Flex 3 chromebook terbaru 2023 yang menggunakan Intel N-100 sulit kami temukan di Indonesia.

Namun masih banyak yang menjual Flex 3 chromebook versi sebelumnya yang pakai N4020 dengan harga di bawah 3 juta.

Terkait dengan desain lebih jadul dengan bezel cukup lebar jika dibandingkan dengan laptop keluaran terbatu.

Meski begitu performa dari sitem operasi ChromeOS tetap lancar meski membuka banyak tab Google Chrome sekaligus. Termasuk menggunakan produk Google yang ada di sana.

Sekian review Lenovo Flex 3 chromebook keluaran terbaru yang mungkin menjadi pandangan kalian sebelum beli. Cek spesifikasi chromebook versi sebelumnya secara lebih lengkap di bawah ini.

buka di Shopee
Baru Lama
Komentar
Komentari
comment url